Sebagian pengagum perkutut  kerap berikan undur-undur pada burung kelangenannya. Caranya, undur-undur dilolohkan segera ke mulut burung. cara layaknya ini lalu dulu dikerjakan Sujarwo ( 45 ), warga pasar   comot yang juga pengagum perkutut.

Menurut Sujarwo, undur-undur dapat bikin nada perkutut jadi lebih merdu. tidak cuma itu, undur-undur juga dapat menambah stamina burung hingga tidak mudah terkena penyakit. saya pribadi belum tahu dengan tentu dampak positif ataupun negatif dari pemberian undur-undur hidup pada burung perkutut. lantas, silahkan berkonsultasi dulu dengan pakarnya. 

Undur-undur terdiri atas dua type yang hidup di area tidak sama. yang satu hidup di darat, sebagaimana undur-undur yang disebut dalam penjelasan pada mulanya. yang satu lagi hidup di laut ( undur-undur laut ). 

Keduanya mempunyai manfaat yang sama serta memiliki kandungan asam lemak omega-3 ( epa serta dha ) yang tinggi. hasil penelitian mahasiswa fakultas biologi kampus gadjah mada yogyakarta,menunjukkan bahwa undur-undur laut memiliki kandungan lemak keseluruhan 17, 22-21, 56 %. 


Adapun kandungan epa serta dha lebih kurang 7, 75-14, 48 % lebih tinggi dari pada type crustacea lain layaknya udang, lobster, serta sebagian type kepiting. bila dirinci, maka kandungan epa lebih kurang 6, 41-8, 43 persen, lebih tinggi dari pada dha yang cuma , 34 – 6, 57 persen. 

Penelitian kelima mahasiswa ini sudah dipresentasikan dalam pekan ilmiah mahasiswa nasional ( pimnas ) di surakarta. menurut hasil penelitian tersebut, undur-undur dapat dikonsumsi segera ( dalam wujud hidup ). tetapi dibutuhkan penelitian selanjutnya perihal kandungan gizi yang lain, layaknya mineral atau protein. juga mengenai senyawa yang merugikan layaknya logam berat serta racun.
 
Top