Beberapa Penyebab Utama Cucak Ijo Malas Ngoceh
Beberapa Penyebab Utama Cucak Ijo Malas Ngoceh | Ocehan Kenari -Cucak hijau termasuk juga burung yang gampang berbunyi. Saat Anda baru beli cucak hijau bakalan, selang beberapa saat burung ini bakal keluarkan kicauannya, walau kadang-kadang kita mesti main “petak umpet” supaya burung tidak malu berkicau. Namun bila burung tidak sering keluarkan nada kicauannya atau macet bunyi, Juga sebagai tips, di bawah ini sebagian pemicu burung cucak hijau macet bunyi.

Cucak hijau di kenal mempunyai ciri-ciri yang cukup labil. Emosinya kadang-kadang naik-turun, serta gampang terserang rangsangan yang membuatnya over birahi (OB) baik lantaran pakan ataupun mendengar nada spesifik.

Sesaat cucak hijau dapat jadi sangatlah gacor. Tetapi pada saat yang lain, burung cuma ngoceh sekedarnya. Saat cucak hijau mendadak jadi pendiam serta macet berbunyi, banyak aspek pemicunya. Karenanya, kita butuh mengetahui sebagian pemicu itu, diantaranya :

Burung Mabung

Saat mabung pada cucak hijau lebih singkat dari pada saat mabung yang dihadapi type burung kicauan yang lain. Pasalnya, tidak sering sekali cucak hijau alami mabung keseluruhan : umumnya cuma nyulam atau mengganti bulu secara berurutan (bergantian).

Sepanjang sistem nyulam ini, burung bakal memakai beberapa besar dayanya untuk merontokkan bulu-bulu lama, lalu menumbuhkan bulu baru kurun waktu singkat. Oleh karena itu, cucak hijau jadi tidak sering berkicau saat masuk saat nyulam.

Dalam masa-masa seperti ini, burung butuh memperoleh konsumsi multivitamin dari luar (terkecuali dari pakan), vitamin ini dapat saja dibeli di toko / agen khusus untuk vitamin burung.

Mengalami Infeksi Pernafasan

Infeksi pernafasan pada burung kicauan, termasuk juga cucak hijau, mempunyai bermacam type.Namun yang seringkali berlangsung yaitu masalah serak (kadang-kadang diimbangi ngorok), dan infeksi tungau kantung udara (air sacmites).

Cucak hijau yang alami serak dapat dilihat dari volume suaranya yang mendadak jadi parau. Frekwensi berkicau juga bakal alami penurunan, hingga burung semakin tidak sering berkicau, hingga pada akhirnya macet bunyi.

Lain perihal dengan infeksi tungau kantung udara, dimana burung dapat menunjukkan tanda-tanda klinis enteng serta berat. Pada masalah yang enteng, tanda-tanda klinis dapat tampak dari sinyal tanda seperti berikut :
  • Burung semakin malas bunyi, serta lama-lama macet bunyi
  • Bulu tampak kusam serta berantakan.
  • Burung kerap menggaruk-garuk badannya, atau mencabuti bulunya.
  • Burung mulai kurang aktif dengan kata lain lesu.
Bila tak selekasnya dilakukan pengobatan, cucak hijau bakal tunjukkan tanda-tanda klinis yang lebih berat, umpamanya :
  • Burung kerap bersin serta batuk.
  • Hidung basah.
  • Sesak nafas, paruh kerap terbuka.
  • Nafas serak atau ngorok.
  • Ekor kerap naik-turun.
  • Burung semakin tambah lesu.
  • Bobot tubuh alami penurunan.
Masalah Pencernaan

Masalah pencernaan juga jadi satu diantara permasalahan yang umum berlangsung pada burung cucak hijau, terlebih saat burung konsumsi pakan yg tidak pas. Begitupun saat cucak hijau terlampau banyak diberikan pakan buah-buahan yang terlampau banyak kandungan airnya, atau buah yang telah tak fresh ataupun tercemar pestisida.


Masalah Kegemukan


Kegemukan (obesitas) jadi satu diantara pemicu kenapa burung cucak hijau tidak sering berbunyi atau jadi tak bunyi sekalipun. Burung yang gemuk rata-rata menggunakan banyak waktunya dengan malas-malasan, semakin banyak tidurnya dari pada melakukan aktivitas.

Mengakibatkan, kesibukan burung bakal terhalang karena daya yang dipunyainya terlampau sedikit dari pada jumlah lemak dalam badannya. Banyak langkah yang dikerjakan beberapa ijomania untuk menangani burung yang malas berbunyi lantaran terlampau gemuk.

Umpamanya, menjemur burung tanpa ada pakan, menjemur burung dengan cara mandi sauna, berikan therapy belimbing atau mentimun, dan melatih burung bergerak dalam kandang umbaran.

Over Pengin Kawin (OB)

Permasalahan OB sangatlah kerap didapati pada cucak hijau, serta jadi pemicu paling utama burung tidak sering berbunyi. Tingkah laku OB pada cucak hijau umumnya dibarengi dengan bulu-bulu yang mengembang dengan kata lain mbagong, kerap menjulurkan lidah (melet-melet) sembari berbunyi manja, serta burung jadi lebih galak.

Saat alami OB, burung tidak sering keluarkan nada kicauannya, bahkan juga dapat tak berkicau sekalipun. Umumnya hal semacam itu dikarenakan pakan yang terlampau tinggi kandungan proteinnya.

OB dapat juga berlangsung disebabkan burung terserang rangsangan dari luar, umpamanya dengarkan nada kicauan burung betina atau burung lain yang menarik perhatiannya, lihat benda berwarna spesifik (umpamanya sangatlah cerah atau bahkan juga gelap).

Menangani cucak hijau OB dapat dikerjakan dengan memberi therapy umbar serta belimbing, di dukung dengan kurangi pakan yang kandungan proteinnya terlampau tinggi seperti jangkrik, serta kadang-kadang juga voer yang dikonsumsi burung.

Drop Lantaran kalah mental / Terintimidasi burung lain

Burung yang kalah mental disebabkan terintimidasi burung sejenis atau burung yang lain dapat juga bikin cucak hijau ngedrop hingga malas berbunyi. Saat tengah ngedrop, burung sangatlah rawan stress, serta keadaan itu dapat bikin metabolisme jadi terganggu.

Untuk menangani hal itu, Anda dapat menyendirikan burung ditempat sejuk serta bebas dari masalah burung yang lain. Sepanjang masa therapy, burung terus di beri pakan serangga seperti kroto sehari-hari, serta jangkrik yang didapatkan sekedarnya saja.
 
Top