Pengobatan dan Penyembuhan Kaki Bengkak pada Kenari

Pengobatan dan Penyembuhan Kaki Bengkak pada Kenari | Ocehan Kenari -Banyak kicaumania yang mengeluh kaki burung kenarinya alami bengkak serta bernanah, atau umum dimaksud bumble foot. Diluar itu, banyak juga yang berasumsi bahwa bengkak itu disebabkan gigitan nyamuk. Walau sebenarnya sangat banyak pemicu kaki bengkak pada kenari, diantaranya tenggeran yang kurang pas (umpamanya terbuat dari plastik), infeksi bakteri, jamur, dsb. 

Pada step pertama, bumble foot bakal tampak seperti jerawat kecil berwarna merah muda, serta umumnya terdapat pada telapak kaki, di sela-sela jari, atau bahkan juga di pangkal kukunya. Bila tak selekasnya diatasi, jerawat kecil ini bakal jadi membesar serta membengkak kebiruan. 

Jika kondisinya telah seperti itu, serta terus tak selekasnya diobati, jadi dapat mengakibatkan rusaknya permanen pada kaki-kaki kenari. Penyakit ini jauh tidak sama dari scaly leg, atau kaki berkerak disebabkan kutil/lesi yang jadi membesar serta dikarenakan oleh tungau kaki. 

Dari bintik kecil inilah bakal nampak bengkak yang lebih kronis yang dimaksud dengan Bumble FootDari bintik kecil (kiri) bakal nampak bengkak yang lebih kronis yang dimaksud “bumble foot”. 

Sebagian pemicu kaki bengkak pada kenari : 
  • Bengkak pada kaki kenari dapat dikarenakan burung terlampau banyak konsumsi makanan yang berkadar serat tinggi. Mengakibatkan berlangsung timbunan asam urat dalam aliran darah yang lama-mana jadi kristal seperti jarum tajam. Jarum ini bakal ikuti aliran darah serta menumpuk di persendian atau telapak kaki, hingga mengakibatkan infeksi. 
  • Burung kenari menderita penyakit ginjal. 
  • Kenari alami obesitas (kegemukan). 
  • Kenari alami kekurangan gizi (malnutrisi). 
  • Tangkringan/tenggeran tidak cocok, umpamanya terbuat dari plastik, diameternya terlampau lebar, terlampau banyak ampelas, terlampau tajam, dsb. 
  • Tangkringan kotor, hingga bakteri gampang beralih ke telapak kaki burung. Telapak kaki adalah sisi terlemah dari burung, lantaran tak dilindungi sisik atau bulu. 

Bumble foot akan tidak nampak di bagian lain dari badan kenari, lantaran sisi badan terkecuali telapak kaki dilindungi oleh bulu-bulu, atau sisik (kaki/shank), atau zat tanduk (paruh). Bulu, umpamanya, dapat menyerap asam urat. 

Aspek yang lain yaitu posisi telapak kaki ada paling bawah, hingga asam urat dalam aliran darah juga bakal turun ke bawah disebabkan tarikan gravitasi. Waktu di telapak kaki inilah, asam urat yang telah berupa jarum tajam bakal menusuk serta menginfeksi. 

Perawatan kenari yang terserang bumble foot 

Pada step awal pembengkakan, penyembuhan paling baik yaitu dengan melunakkan tankringan. Langkahnya dapat memakai perban atau kain yang dililitkan pada tangkringan. 

Anda juga harus memberi pola makan yang teratur serta lebih tinggi kandungan nutrisinya. Umpamanya dengan memberi sayuran berwarna hijau tua juga sebagai sumber vitamin A, atau tambah baik lagi memakai pakan burung berkwalitas tinggi (mempunyai kandungan yang lengkap dengan komposisi yang cocok serta seimbang). 

Bila pembengkakan dalam keadaan telah sangatlah kronis, pemberian perban mungkin saja dibutuhkan dengan pergantian perban dengan cara berkala. Bersihkan kaki yang luka dengan cairan pembersih (bisa Revanol, atau alkohol 70%), lalu berikan obat oles khusus burung dengan cara merata. Kemudian kaki yang bengkak diperban. 

Menghindar itu lebih baik 

Bagaimanakah juga, menghindar itu tambah baik dari pada menyembuhkan. Di bawah ini sebagian langkah preventif agar kenari Anda tak alami bengkak kaki bernama bumble foot : 
  • Teratur bersihkan kandang/sangkar serta aksesori di dalamnya, termasuk juga tenggeran. 
  • Memotong kuku kenari bila tampak panjang.
  • Untuk melindungi keadaan badan agar terus fit, dan terhindari dari defisiensi mineral, disarankan memakai vitamin burung yang banyak dijual, yang sekalian bisa menjaga serta tingkatkan system imun pada badan burung. 
  • Bila tenggeran di rasa kurang cocok, umpamanya diameter terlampau besar, atau terlampau banyak diampelas, disarankan untuk ganti tenggeran yang lebih sesuai sama cengkeraman burung. 
  • Memberi makanan yang memiliki kandungan Vitamin A seperti sayuran fresh yang berwarna hijau tua. 
  • Tak terlalu berlebih dalam memberi telur rebus, lantaran dengan mengkonsumsi telur rebus terlalu berlebih bakal bikin kandungan asam urat dalam darah burung bertambah serta dapat jadi awal pemicu terjadinya penyakit bumble foot.


 
Top