Manfaat Bawang Putih untuk Burung Ocehan

Manfaat Bawang Putih untuk Burung Ocehan | Ocehan-Kenari -Belum banyak ocehanmania yang mengerti apa manfaat bawang putih bila diberikan pada burung kicauan. Sesungguhnya bawang putih kerap dipakai pada burung merpati, perkutut, derkuku, serta puter, terlebih untuk menghangatkan badan pada musim hujan.

Bila dilewatkan demikian saja, bawang putih akan tidak berbau. Tetapi saat ditumbuk, Anda dapat segera mencium baunya yang khas serta menyengat. Bau itu nampak lantaran zat alin pada bawang putih alami kontak dengan enzim alinase, lantas terpecah jadi alisin, amonia, serta asam piruvat.

Bau menyengat alisin dikarenakan kandungan zat belerang. Aroma bawang putih ini bakal semakin menyengat bila zat belerang (sulfur) yang ada dalam alisin diterbangkan ammonia ke hawa. Karena ammonia adalah zat yang gampang menguap. Nah, kandungan senyawa alisin tersebut yang mempunyai karakter obat dengan kata lain mempunyai dampak mengobati.(baca juga : Pencegahan dan Pengobatan Burung Sakit )

Di bawah ini sebagian faedah bawang putih untuk burung kicauan :


1. Berbentuk antibakteri

Sebagian riset mengungkap, zat alisin yang terdapat dalam satu siung bawang putih mempunyai karakter antibakteri, termasuk juga bakteri-bakteri dari grup Escherichia, Salmonella, Staphylococcus, Streptococcus, Klebsiella, Proteus, Bacillus, serta Clostridium.

Lantaran mempunyai karakter antibakteri inilah, bawang putih dapat menyembuhkan burung kicauan yang alami masalah pencernaan yang dikarenakan bakteri.

2. Berbentuk antijamur

Bawang putih juga mempunyai dampak antijamu yang kuat serta dapat menghalangi pembentukan mikotoksin seperti aflatoksin dari parasit aspergillus (Aspergillus parasiticus). Jadi, bawang putih bisa menghindar bermacam penyakit yang dikarenakan jamur.

3. Berbentuk antiparasit

Bawang putih telah lama dipakai juga sebagai obat cacing, lantaran mempunyai dampak antiparasit. Riset teranyar tunjukkan bahwa alisin cukup efisien melawan sebagian type parasit yang umum menyerang burung peliharaan.

4. Berbentuk antivirus

Alisin yang terdapat dalam bawang putih juga dapat berperan juga sebagai antivirus yang dapat menghindar burung terinfeksi dari serangan virus, baik yang datang dari burung liar, lingkungan kotor, serta air minum yang terinfeksi.

5. Menyembuhkan flu serta pilek

Bawang putih cukup efisien melawan beragam virus yang mengakibatkan flu serta pilek terlebih pada musim pancaroba, atau sepanjang musim hujan.

6. Menghangatkan badan

Bawang putih telah lama di kenal juga sebagai bahan yang dapat menolong menghangatkan badan burung, terlebih pada musim hujan.

7. Menyembuhkan luka

Bwang putih juga bermanfaat mengobati luka pada burung kicauan. Bahkan juga bawang putih kerap dipakai dalam therapy dalam menumbuhkan bulu sayap serta ekor murai batu yang susah tumbuh.

Ada banyak manfaat bawang putih yang seluruhnya dapat menghindar serta mengobati beragam penyakit pada burung, baiik yang dikarenakan oleh bakteri, parasit, virus, ataupun jamur.

Beberapa pengagum burung di mancanegara umumnya memberi bawang putih pada burung kenari, finch, merpati, sampai perkutut, berbentuk cair atau juice.

Di bawah ini langkah bikin juice bawang putih :
  • Ambillah sebagian siung bawang putih fresh, lalu ditumbuk lantas dicuci dengan air bersih.
  • Kemudian, campur ke 1 gelas air panas/hangat.
  • Biarlah sepanjang sebagian menit hingga ekstrak bawang putih bercampur rata.
  • Kemudian disaring serta disimpan dalam gelas/tempat air minum burung.
  • Sesudah dingin, berikanlah pada kepada burung juga sebagai air minumnya.
Adapun langkah yang umum dikerjakan beberapa pengagum burung di Indonesia yaitu memotong bawang putih berbentuk kecil-kecil, lantas dilolohkan segera pada burung peliharaannya.

Langkah tersebut kerap dipakai untuk burung dari keluarga merpati-merpatian, seperti merpati, perkutut, derkuku, serta puter. Burung-burung dari keluarga merpati-merpatian lebih gampang menyesuaikan dengan manusia, hingga meloloh burung yang telah dewasa juga tidak jadi rintangan.

Lain perihal bila langkah tersebut diaplikasikan pada burung kicauan. Salah memegang burung juga dapat bikin burung tersedak serta mati. Karenanya, langkah ke-2 cuma disarankan untuk burung yang telah jinak.

Demikian ulasan singkat mengenai  Manfaat Bawang Putih untuk Burung Ocehan , semoga bermanfaat bagi para Pembaca Pecinta Burung Ocehan.
 
Top