Menghindarkan burung jadi sakit, jauh tambah baik dari pada menyembuhkan burung yang sakit. Hoby burung yang mengasyikkan kadang waktu bikin penghobi burung jadi stres jika burung kesayangannya sakit, terlebih pada akhirnya berbuntut pada kematian (mati).

Sebagian sinyal serta tanda-tanda burung sakit :
  • Nafsu makan burung alami penurunan.
  • Burung banyak minum.
  • Burung senantiasa mengantuk, mata burung sayu.
  • Kotoran burung cair.
  • Bulu burung kusam, kusut serta mengembang.
  • Sayap burung terkulai.
  • Burung gemetar serta berdiri tak seimbang.
  • Nafas burung tak teratur, paruh kerap terbuka seperti kepanasan.
  • Gerak burung tak lincah serta burung banyak diam.
  • Bulu kepala burung jingrak.
  • Banyak kotoran yang melekat di bulu di sekitar kloaka burung.
  • Serta lainnya
Terdapat beberapa type penyakit yang kerap menyerang burung, seperti snot, pilek, nada serak, sesak nafas, berak kapur, berak hijau, mencret, luka, infeksi luka, burung lesu, burung kurus, ngantuk, tak nafsu makan, nafsu makan alami penurunan, lumpuh, tanda-tanda seperti sakit ayan atau tetelo, serta penyakit yang lain yang dikarenakan oleh bakteri gram positip (+) serta bakteri gram negatif (-).
Satu diantara kunci utama perawatan burung yaitu konsistensi. Terdapat banyak hal utama yang perlu senantiasa di perhatikan oleh penghobi burung untuk bikin burung terus sehat serta menghindar penyakit hinggap bersarang di badan burung.


Hal yang dianggap penting itu adalah :

1. Selalu Memperhatikan Kebersihan Sangkar Burung

Baiknya, kandang burung (sangkar burung) dibikin bersih dengan cara teratur tiap-tiap pagi. Alas sangkar/lantai kandang yang kotor disikat serta dicuci bersih dengan deterjen, lalu di jemur 15-30 menit dibawah terik matahari.

Supaya tambah baik serta aman, seluruhnya ornament kandang burung/sangkar burung, disemprotkan disinfektan dengan dosis yang pas. Disinfektan berperan membunuh bakteri, kuman penyakit, parasit, jamur, kutu serta virus (Virus flu burung/virus AI serta yang lain) yang merugikan kesehatan burung.


2. Menjemur Burung Minimal 15 Menit.

Ingin burung senantiasa sehat? Menjemur burung dengan cara teratur serta berkelanjutan yaitu satu diantara langkah bikin burung terus sehat. Burung harus dijemur minimum 15 menit tiap-tiap pagi. Saat penjemuran burung paling baik mulai jam 07. 00-10. 00, kehangatan pagi serta cahaya UV dari penjemuran itu benar-benar menolong badan burung untuk mengekstrak Pro Vitamin D3 yang ada di badan burung jadi Vitamin D3.

Cahaya UV, Alpha, Gamma, Beta, Theta serta yang lain benar-benar dibutuhkan badan burung untuk membuat serta menghasilkan hormon-hormon vital. Misal hormon vital itu diantaranya yaitu hormon perkembangan serta hormon reproduksi.

Disamping untuk keperluan basic biologis serta keperluan fisik, penjemuran atau menjemur burung juga beresiko besar pada psikologis burung.


3.Makanan dan Minuman yang Tepat


Satu diantara sumber penyakit pada seluruhnya makhluk hidup yaitu makanan yang di konsumsi. Begitupun dengan burung yang benar-benar bergantung pada makanan yang senantiasa kita berikanlah. Di sini, kita memanglah dituntut mesti tahu serta memahami perihal fisiologis burung yang kita rawat serta yang kita memelihara.

Berikanlah makanan dengan kandungan (komposisi) komplit yang telah teruji pas untuk burung. Pas di sini bukan hanya bermakna burung sukai serta melahap habis makanan yang kita berikanlah. Tujuannya yaitu pas dengan system metabolisme burung.

Kandungan (komposisi) nutrisi dari makanan itu mesti penuhi seluruhnya keperluan burung. Senantiasa kerjakan evaluasi serta penilaian dengan cara segera tiap-tiap habis pemberian makanan pada burung.

Janganlah sempat ber-eksperimen dengan makanan burung jika anda belum memahami fisiologi burung. Untuk misal, system metabolisme burung pemakan serangga benar-benar tidak sama dengan system metabolisme burung pemakan buah.


4. Memberikan Suplemen dan Vitamin

Untuk apa pemberian suplemen Vitamin, Mineral serta Asam Amino untuk burung yang kita memelihara? Apakah kandungan makanan yang kita sampai kini kita berikanlah belum cukup untuk penuhi nutrisi yang diperlukan burung?

Pertanyaan ini benar-benar kerap di pertanyakan oleh penghobi burung. Suplemen yang ditujukan di sini yaitu penambahan makanan yg tidak ada pada makanan keseharian yang kita berikanlah.

Di alam bebas, burung tak perlu suplemen apa pun, lantaran seluruhnya nutrisi atau keperluan dasarnya untuk nutrisi telah disediakan oleh alam.

Pemberian suplemen Vitamin, Mineral, Asam Amino Esensial serta suplemen yang lain, harus kita berikanlah ke burung, jika kita tidak bisa memenuhi keperluan dasar burung bakal untuk nutrisi standarnya sesuai sama AKG (Angka Kecukupan Gizi) serta RDA (Recommended Dietary Allowences) pada masing-masing burung.

Suplemen yaitu makanan atau nutrisi penambahan, seperti Vitamin (Multivitamin), Mineral (Multimineral) serta Asam Amino yang mutlak diperlukan untuk melindungi badan burung supaya senantiasa sempurna.

Berikanlah Vitamin, Mineral serta Asam Amino yang telah diramu serta diracik spesial untuk burung. Berikanlah dengan cara teratur serta terjadwal (berkala). Dosis atau takaran pemberiannya juga mesti pas. Senantiasa cermati tata langkah pemakaiannya. Lantaran pemberian suplemen Vitamin, Mineral, Asam Amino Esensial serta suplemen yang lain, mesti sesuai sama dosis serta ketentuan yang pasti. Pemberian dengan dosis yang berlebihan, bakal beresiko jelek untuk kesehatan burung.

Suplemen (vitamin serta mineral) benar-benar diperlukan badan burung dalam saat perkembangan, pengobatan sakit, saat burung mabung, bertelur, menambah ketahanan badan di musim pancaroba dan sebagainya.

5. Hindari Burung Menjadi Stress
Biasanya stres pada burung yaitu stres psikologis yang bisa mengganggu seluruhnya system yang ada di badan burung. Beberapa hal yang bisa mengakibatkan burung jadi stres, diantaranya : penempatan burung yang bikin burung jadi terasa tak aman, ketenangan serta kenyamanan burung terganggu, kondisi lingkungan burung dan sebagainya. Burung yang menderita stres psikologis bakal susah sekali jadi normal kembali.

6. Berikan Obat yang Tepat.


Jika burung telah terlanjur sakit atau terjangkit penyakit, janganlah panik. Letakkan burung yang sakit di tempat yang hangat serta jauhi dari angin yang menerpa dengan cara segera.

Ketahui serta diagnosa apa type penyakit burung itu, seperti sakit snot, pilek, nada burung serak, burung sesak nafas, berak kapur, berak hijau, mencret, luka, infeksi luka, burung lesu, burung kurus, ngantuk, burung tak nafsu makan, nafsu makan burung alami penurunan, burung lumpuh, burung seperti sakit ayan atau sakit tetelo, serta penyakit burung yang lain. Mendiagnosa tanda-tanda awal atau mengetahui penyakit burung ini jadi benar-benar utama untuk mempermudah pemberian obat yang pas untuk burung.

Tanyakan penyakit burung itu dengan orang yang betul-betul memahami perihal penyakit burung, agar memperoleh referensi obat burung yang pas serta pas untuk menyembuhkan burung sakit itu.

Selekasnya obati burung dengan obat burung yang pas, unsur obat burung biasanya datang dari antibiotik. Pemakaian obat antibiotik mesti pas, dosis yang benar, pemakaian antibiotik yang salah bakal punya potensi mengakibatkan dampak resistan atau kebal di badan burung. Janganlah sempat ber-eksperimen dengan obat burung, jika tak memahami perihal kandungan obat burung serta dampaknya pada burung.
 
Top