Header Ads

Ciri dan Karakter Murai Batu Borneo

muray batu borneo
Murai Batu yang dalam literatur ilmiah dinamai copsychus malabaricus serta oleh orang Eropa umum dimaksud white rumped shama dengan cara global penyebarannya benar-benar luas, dimulai dari India, China Barat Daya, Asia Tenggara, Semenanjung Malaysia sampai Sunda Besar. Di Indonesia burung yg terhitung dalam rumpun Turdidae ini sangat banyak macamnya yang di kelompok hobbiest dibedakan berdasar daerah asal habitatnya.

Murai Batu Borneo yaitu satu diantara type yang di kenal di Indonesia tak hanya Murai Batu Sumatera serta Murai Batu Jawa (Larwo). Murai Batu Borneo yaitu sebutan kicau mania pada spisies murai batu yang datang dari Pulau Kalimantan. Seperti Murai Batu Sumatera, Murai Batu Borneo juga banyak macamnya. Walaupun juga banyak macamnya namun dengan cara umum di kenal tiga type Murai Batu Borneo yakni Murai Batu Palangka, Murai Batu Banjar & Murai Batu Mahkota (Kepala Putih). Karakteristik Murai Batu Borneo yang benar-benar gampang dikenali yaitu stylenya yang khas pada waktu tarung, yakni dada membusung dengan bulu dada yang mengembang, kepala yang menengadah ke atas lalu membungkuk ke bawah yang terkadang dengan gerakan cepat namun juga terkadang bergerak lambat.


Daerah Sebaran Murai Batu Borneo

Murai Batu Palangka yang oleh kicau mania di Kalimantan kerap juga dimaksud Murai Kalimantan tengah habitatnya menyebar di lokasi Kalimantan Tengah sampai Kalimantan Barat. Murai Batu Banjar bisa didapati di lokasi Kalimantan Selatan serta Kalimantan Timur.

Murai Batu Mahkota (white crowned shama) menyebar dari Kalimantan Barat sampai Kalimantan sisi Utara (Malaysia).
Nama lain Murai Batu Borneo

1. Murai Batu Palangka
2. Murai Batu Banjar
3. Murai Batu Mahkota

Panduan Menentukan Murai Batu Borneo

Warna bulu dada
Tentukan warna bulu dada yang coklat muda, lebih jelas/muda tambah baik. Bila ada yang supak (agak keputihan namun bukan hanya blorok) tambah baik lagi. Murai batu borneo dengan beberapa warna bulu dada seperti itu rata-rata mempunyai karakter fighter yang tinggi serta kerjanya ngedur.

Warna kaki
Dari variasi warna kaki murai batu borneo yang sempat saya jumpai, taraf prioritas menentukan murai batu borneo lihat dari warna kaki yaitu :
(1) Coklat Kehitaman (warna tanduk),
(2) Hitam Pekat,
(3) Coklat Kemerahan
(4) Janganlah Tentukan yang Putih Kekuningan, lantaran tak hanya belum sempat melih yang type ini moncer di kontes, saya sempat juga merawatnya serta akhirnya menurut saya benar-benar mengecewakan. Mental dan daya tarungnya kurang dan terlampau lambat untuk jadi.

Panjang ekor
Tentukan ekor yang agak pendek, dari 13 s. d. 10 cm

Wujud kepala
Utamakan menentukan kepala yang berupa papak

Mata
Pastikan yang mempunyai tatapan tajam serta mata tak tampak sayu.

Bukaan paruh
Pada waktu berkicau cermati intensitas bukaan paruhnya. Tentukan yang bukaannya lebar, umumnya waktu tarung bakal keluarkan tembakan dengan full power.

Wujud leher
Carilah yang memiliki leher yang agak besar, ini umumnya tunjukkan besarnya volume nada yang bisa dikeluarkan.
Diberdayakan oleh Blogger.