Mengenal Jalak Putih | Ocehan Kenari -Jalak Putih (Sturnus melanopterus), yaitu satu diantara spesies dari demikian banyak spesies burung Jalak yang ada di Indonesia. Populasi burung Jalak Putih ini menyebar di pulau Jawa, Bali, Lombok, Sumatra serta Kalimantan.

Untuk kelompok pengagum burung, burung Jalak Putih dikira untuk burung tengahan ada diantara Jalak Suren serta Jalak Hitam.
jalak putih

Jalak putih terhitung burung yang eksotis lantaran mempunyai tampilan yang cantik, dan mempunyai nada yg tidak kalah sebaiknya di banding Jalak Suren ataupun Jalak Hitam. Sebagian pengagum burung kerap membanding-bandingkan kelebihan pada Jalak Putih dengan Jalak Suren.

Seperti Jalak Bali, populasi burung Jalak Putih ini juga waktu ini tengah ada diambang kepunahan, lantaran maraknya perburuan pada burung ini di alam. Kehadiran burung ini sudah dilindungi oleh undang-undang, lantaran populasinya makin sedikit. Di pulau Jawa burung ini hampir tak berkembang, untungnya di pulau Sumatra serta Kalimantan, burung Jalak Puth ini tetap berkembang dengan baik. Cuma saja lantaran keinginan pada burung ini dari pulau Jawa, hingga bikin masyarakat setempat di Kalimantan ataupun Sumatra jadi ikut menangkap burung ini di habitatnya.

Habitat burung Jalak Putih ini yaitu di rawa-rawa, rimba dataran rendah. Dahulunya burung ini tetap ingin berkeliaran di seputar sawah dekat pedesaan. Namun waktu ini populasi burung ini cuma ada di pedalaman hutan-hutan yang sulit dijangkau oleh manusia. Burung ini umumnya berkumpul dalam grup kecil 4-5 ekor, namun lumayan ribut. Sedang dalam berkembang-biak, burung ini sukai bersarang di lubang-lubang pohon tinggi, hingga sarang burung ini susah ditemukan di rimba.

Sepintas burung Jalak Putih ini serupa dengan Jalak Bali. Bedanya, sisi di seputar mata Jalak Putih berwarna kuning, sesaat pada Jalak Bali sisi ini berwarna biru.

Jalak Putih memiliki ukuran tengah, seputar 20-25 cm, dengan paruh yang kuat, tajam serta lurus. Pada jantan serta betina benar-benar sulit dibedakan, cuma apabila di perhatikan dengan seksama, maka ada perbedaan pada burung jantan ukuran kepala semakin besar dan volume nada lebih keras serta lebih rajin berkicau, sedang betina mempunyai ukuran kepala lebih kecil, volume nada lebih kecil, umumnya kurang rajin berkicau.
 
Top