Perbedaan keduanya yang menyolok hanya pada warna bulu hitam-putih. Copsychus sechellarum atau kacer jawa berbulu hitam seluruhnya dibagian dada, sesaat Copsychus saularis ataui kacer poci warna hitam cuma hingga dada serta ke bawah berwarna putih. Sesaat itu burung yang benar-benar serupa dengan kacer poci atau kacer sumatra yaitu kacer madagaskar (Copsychus albospecularis).

Habitat
Seperti dijelaskan diatas, kacer terbagi dalam 3 species, yaitu Copsychus saularis, Copsychus sechellarum serta Copsychus albospecularis. Spesial untuk Copsychus saularis (Oriental Magpie Robin) ini terbagi dalam 9 subspecies, yakni :

Kacer poci
1. Saularis, (Thailand, India, Nepal, Malaysia, Indonesia)
2. Prosthopellus, (Hainan-China)
3. Andamanensis, (Kep. Andaman)
4. Musicus, (Peninsular, Malaysia, Thailand)
5. Ceylonensis (India, Srilanka),
6. Erimelas (India ke Indochina),
7. Pluto (Sabah – Malaysia, Borneo – Indonesia),
8. Mindanensis (Mindanao – Philippines).
9. Adamsi (Sabah – Malaysia, Borneo – Indonesia),

Kacer sumatera atau kacer poci memiliki warna hitam pada kepala, leher hanya dada, punggung serta sisi luar ekor. Sedang warna putih ada pada dada, perut serta ekor sisi dalam. Penyebaran mulai China, India, Nepal, Thailand, Indochina, Filipina, Malaysia serta Indonesia.

Kacer hitam atau kerap dimaksud kacer jawa
Mempunyai nada yang keras, nyaring serta pandai menirukan suara-suara di sekitarnya. Tampilan benar-benar atraktif sambil buka ekor dan keluarkan nada kicauan yang merdu. Burung ini benar-benar suka pada hawa panas.

Kacer hitam (Copsychus sechellarum) atau Seychelles Magpie Robin penyebarannya dimulai dari Seychelles (Afrika), Jawa serta Kalimantan (Indonesia). Semua badan berwarna hitam, terkecuali pada sayap ada warna putih. Kekuatan berkicau benar-benar baik serta pandai menirukan suara-suara di sekitarnya. Tampilan benar-benar atraktif sembari memainkan ekor. Volume nada tengah. Type ini dapat benar-benar sukai dengan hawa panas.
 
Top