Cara Mudah Merawat Burung Trucukan

Cara Mudah Merawat Burung Trucukan | Ocehan Kenari -Penggemar burung kicau pasti tak asing dengan burung trucuk. Type burung kicauan ini memanglah masih tetap gampang sekali kita temui di alam liar. Trucuk mempunyai ciri khas nada yang merdu, bahkan juga ada yang mengistilahkan bila nada kicau trucuk serupa dengan nada burung cucak rowo. Type burung ini masuk dalam klasifikasi burung merbah. Kita dapat merasakan type burung ini didaerah seputar tropis yang banyak sediakan alam hijau, buah-buah serta serangga. Lantaran burung ini memanglah mengonsumsi type makanan itu. Trucukan sangatlah suka mengonsumsi buah pisang, pepaya dan type buah lain yang mempunyai daging buah lunak. 

Nada burung trucuk yang indah jadikan beberapa orang yang tertarik untuk memeliharanya. Terkecuali untuk didengarkan suaranya, trucuk juga terkadang jadikan untuk master atau isian untuk type kicau ropel. Menjaga burung trucuk juga sangatlah gampang. Bahkan juga bila burung trucuk itu barusan di tangkap dari alam liar, burung itu bakal cepat menyesuaikan. Terutama bila burung itu telah ingin makan didalam sangkar, hingga kemungkinan burung itu terus hidup bakal semakin besar. Karena terdapat banyak type burung yang cepat mati bila barusan di tangkap dari alam liar. Kemudian, Anda cuma tinggal merawatnya dengan cara teratur. Sedang langkah yang pas dalam menjaga trucuk cepat berkicau yaitu seperti berikut : 

Memandikan burung trucukan 

Pada seluruhnya burung peliharaan, memandikan burung mesti senantiasa teratur dikerjakan sehari-hari, terlebih ketika pagi hari sesudah matahari terbit, pada rentang saat jam 9-10 pagi. Sembari memandikan burung, beberapa kotoran burung juga dibikin bersih agar tak jadi sarang penyakit. Burung trucuk yang teratur dimandikan bakal terbangun mood serta terlepas dari stress. Dengan hal tersebut, kicau trucukan bakal terdengar lantaran trucukan yang alami stres malah bakal senantiasa diam serta bulunya rontok. Sesudah memandikan serta menjemur usai, teruskan dengan sistem pemberian nutrisi alami. 

Cara Mudah Merawat Burung Trucukan

Pemberian makanan 

Burung trucuk yang telah ingin makan voer atau makanan buatan, jadi tak terlampau memerlukan nutrisi penambahan. Karena type makanan buatan itu telah penuhi ukuran keperluan nutrisi untuk burung. Kita tinggal memberikan nutrisi alami seperti pemberian serangga jangkrik. Pemberian makanan penambahan itu baiknya sesudah trucukan dimandikan. Berikanlah lebih kurang 3-4 ekor jangkrik untuk penuhi keperluan protein trucukan jantan serta betina. Pemberian nutrisi yang pas itu mempunyai tujuan untuk melindungi kesuburan serta menjaga bulu. Langkah tersebut adalah perawatan keseharian agar trucuk gacor atau kerap berkicau. 

Paling akhir yaitu melatih burung dengan dengarkan kicauan trucuk atau ditambah kicauan type burung lain. Makin kerap burung dengarkan kicauan yang diputar lewat media music, trucukan bakal menirukannya. Karena, burung ini termasuk juga type burung yang gampang menirukan ocehan burung yang lain. 
 
Top