Cara Mudah Membedakan Cendet jantan dan Betina

Cara Mudah Membedakan Cendet jantan dan Betina | Ocehan Kenari - Burung Cendet adalah salah satu burung kicau yang mempunyai nada kicau yang indah serta bervariasai. Burung Cendet sendiri di kenal dengan nama lain burung pentet atau toet ini berbentuk teritorial serta condong galak. Jadi tidak tidak sering bila kita akan memegang cendet/pentet yang liar, jadi bisa-bisa tangan kita dipatuknya. Namun bila kita pelihara cendet sedari piyikan/anakan, jadi karakter galaknya bakal hilang. Bahkan juga cendet bakal manja bila lihat kita ( Baca juga : Tips Merawat Burung Cendet)

Namun tahukah anda, dibalik ciri-ciri serta sifatnya yang giras serta galak, burung cendet menaruh pesona menawan yakni pada nada kicauannya. Cendet/pentet mempunyai nada pekikan yang melengking tajam serta nyanyiannya bervariastif yang meliputi nada-nada serasi. Panjang badan cendet seputar 20-25 cm, dengan ciri khas ujung paruh yang mengait. Sahabat kicaukan, tahukah anda langkah membedakan cendet jantan serta betina ?. Memanglah untuk beberapa pemula cukup susah untuk membedakan type kelaminnya, namun untuk yang telah senior serta memiliki pengalaman tampak sangatlah gampang membedakannya. 

Cara Mudah Membedakan Cendet jantan dan Betina
Cendet Pejantan 
  • Bulu berwarna hitam di bagian pipi cendet jantan tampak hitam mencolok/lugas. 
  • Bentuk kepala cendet jantan tampak lebih datar/ceper. 
  • Ketika masih tetap anakan, cendet jantan mempunyai warna hitam di bagian ekornya. 
  • Di bagian supit, cendet jantan mempunyai bentuk supit yang kecil serta panjang, serta motif garis bulunya tak teratur. 

Cendet Betina
  • Bulu berwarna hitam di bagian cendet betina tampak semu/tak terlampau lugas. 
  • Bentuk kepala cendet betina tampak bulat/menggelembung. 
  • Ketika masih tetap anakan, warna hitam di bagian ekornya tak terang. 
  • Di bagian supit, cendet betina mempunyai bentuk supit yang besar dengan motif bulu garis teratur yang mirip kembang/bunga. 

Ketidaksamaan serta tanda-tanda cendet jantan serta betina yang dapat anda buat jadi dasar untuk membedakan cendet jantan serta betina. Memanglah tak gampang untuk membedakan cendet jantan serta betina http://ocehan-kenari.blogspot.com/2015/01/cara-mudah-membedakan-cendet-jantan-dan.html untuk beberapa pemula, namun dengan membaca artikel ini kami mengharapkan sahabat kicaukan memperoleh pengetahuan baru yang berguna.
 
Top