Mengenal Burung Kenari (ocehan-kenari) -Yaitu di antara type burung sangat popular sekarang ini, kenari populer dikarenakan warnanya yang cantik, beragam macam serta menarik. disamping itu burung kenari juga diketahui bersuara merdu, mempunyai kicauan yang bernada serta unik. tidak heran bila burung ini jadi favorit banyak kolektor. apalagi sampai ada rekaman kicauan kenari semua. telah layaknya penyanyi papan atas rupanya hewan mungil yang satu ini.
 
Burung penyanyi ini sebenarnya bukan hanya asli dari indonesia. hewan mungil yang nama ilmiahnya serinus canaria ini awalannya datang dari kepulauan canary di spanyol. keindahan bulu serta suaranya bikin hewan ini di kembangbiakan dengan domestik sejak abad ke 17. Dari habitat aslinya di spanyol, burung kenari dibawa ke sebagian lokasi di eropa. awalannya cuma orang-orang kaya atau kaum elit saja yang dapat mempunyai hewan cantik ini. tetapi makin lama, selanjutnya masyarakat biasa juga dapat mengembangbiakan kenari serta memeliharanya.

 
Type burung kenari
Pada prinsipnya burung ini dibagi ke dalam tiga grup yang tidak sama. walau demikian belakangan ini dikarenakan perubahan tehnik silang kenari, sukses diperoleh type burung kenari yang tidak sama pada grup keempat.
  1. Kenari warna atau colorbred canary, type kenari yang satu ini dibiakan dikarenakan keunggulan warnanya yang indah. type ini direkayasa dengan fisiologis ataupun genetik untuk dapat mendapatkan perpaduan warna yang khusus. kenari warna juga terus dapat berkicau walau demikian bila diikutkan dalam lomba, kelompok yang dinilai dari mereka yaitu keindahan variasi warna yang ada. perumpamaan kenari warna diantaranya : red mozaic, yellow intensive, eumo, ino, satinette serta lain sebagainya.
  2. Kenari postur atau jenis canary, untuk kenari ini yaitu type yang dibiakan dikarenakan fisiknya yang unik. yang disebut unik yaitu wujud tubuhnya yang beragam macam layaknya berupa kecil, panjang, besar atau berupa bundar serupa bola serta lain sebagainya. perumpamaan kenari postur diantaranya : norwich, border, yorkshire, fancy serta lain sebagainya
  3. Kenari penyanyi atau song canary, yakni type burung kenari yang dikembangbiakan untuk keunggulan kicauan suaranya. kenari type ini mempunyai suara kicau yang unik, naik turun serta apalagi menirukan suara lagu. dalam kontes, kenari penyanyi biasa dinilai dari type serta juga kekuatan kenari tersebut menirukan nada-nada lagu yang diperlombakan. perumpamaan kenari penyanyi diantaranya : roller, spanish timbardo, waterslager serta lain sebagainya.
  4. Kenari hibrid atau hybrid canari, sesuai namanya yaitu type burung kenari yang disebut hasil persilangan dari sebagian type kenari yang dikira mempunyai karakter-sifat unggulan, dengan harapan keunggulan-keunggulan tersebut bisa jadi satu dalam kenari hibrid.
 
Top