Mengenal Burung Kutilang (ocehan-kenari) - Merupakan di antara type burung kicauuan yang mempunyai nada khas serta lumayan merdu suaranya, sehinga kerap jadikan binatang peliharaan oleh masyarakat. Burung ini mempunyai tanda-tanda jambul dibagian atas kepala yang berwana hitam pekat, tubuh berwarna abu-abu, serta sisi bawah ekor dekat pantat berwana kuning. burung kutilang kerap tampak berkumpul berbarengan di perkebunan, pohon-pohon serta persawahan untuk melacak makanan, yakni buah-buahan yang lunak serta serangga kecil.

Sebagai hewan peliharaan burung kutilang dapat amat jinak sekali bila kita memeliharanya dari kecil, apalagi sampai jinaknya disaat kita terlepas dari sangkarnya burung ini dapat kembali lagi atau ikuti kemanapun pemiliknya pergi. Disamping itu dengan mendengar kicauuan suaranya yang merdu dan bisa menirukan nada burung lain dapat bikin perasaan kita jadi tenang, nyaman serta pastinya suka. walau demikian ada beberapa penghobby burung yang demikian membenci burung kutilang ini. 


Alasan burung ini dibenci yakni dikarenakan suaranya yang khas monoton dilagukan berulang-ulang (ngeban) serta keras yang di kuatirkan dapat mengakibatkan kerusakan mental burung kicauuan yang lain, maupun nada khasnya itu masuk serta dibawakan/dinyanyikan oleh burung lain yang bisa kurangi penilaian juri disaat lomba serta pastinya bikin burung tidak lantas juara. oleh karena itu burung kutilang amat dibenci apalagi ada yang demikian tega untuk membunuhnya, sungguh kejam.

Burung kutilang amat sukar dibedakan type kelaminnya, apalagi beberapa ahlipun mungkin salah dalam memastikannya. namun tak perlu cemas pada burung jantan serta betina keduanya sama dapat berkicauu. untuk membedakan type kelamin ada tips sedehana untuk mengetahuinya namun belum 100% tentu yakni, burung jantan pastinya lebih rajin berkicau serta lantang suaranya dari pada betina, pada burung jantan jambul diatas kepalanya lebih tinggi serta dapat terus terus berdiri disaat berkicauu, yang paling akhir walau belum tentu ukuran tubuh burung kutilang jantan lebih kecil dari sang betina.
 
Top