Mengenal Kenari Yokser (ocehan-kenari) - Burung ini memiliki bentuk yang semakin besar dibandingkan dengan kenari import yang lain serta berbulu tidak tipis pasti perawatan kenari yokser lebih serta butuh penanganan spesial. setiap peternak atau penghobies kenari memiliki trick sendiri-sendiri serta supaya dapat beradaptasi dengan suhu tropis maka kenari yokser mesti kerap di jemur setiap pagi. Namun ingat jika anda baru beli di importir jgn lsng di jemur demikian sdh hingga di tempat tinggal namun biarlah dulu sekian hari atau minggu dulu di ruangan tempat tinggal anda supaya kenari yokser dapat lebih tenang serta beradaptasi dgn lingkungan di sekelilingnya.

Sesudah dirasa cukup sangat mungkin maka kenari yokser atau ys dapat di latih untuk di jemur cukup 30 menit diawali dari jam 7 pagi, sesudah dirasa agak sangat mungkin maka intensitas penjemuran dapat ditingkatkan jadi 1 jam hingga 2 jam. didalam penjemuran kenari yokser tak perlu dimandikan dengan di semprot namun cukup disiapkan saja area yang cukup untuk mandi kenari yokser dikarenakan kenari yokser dapat mandi sendiri jika dirasa dirinya rasakan kepanasan.


Saat memberikan pakan biji-bijian untuk kenari yokser, anda dapat memakai makanan import atau lokal apalagi anda dapat meraciknya sendiri membeli biji-bijian scr kiloan atau ons2 an, berikan makanan dgn sistim ini tambah lebih efisiensi serta murah. anda tak perlu cemas berikan dgn langkah ini dikarenakan biji-bijian inipun sebenarnya juga adalah biji-bijian import juga jd anda tdk butuh cemas dapat kandungan nutrisi atau nilai gizinya. 

Supaya akhirnya lbh optimal tambah baik saat berikan telur puyuh jika anda berkemauan memberikannya jagan lupa di oleskan minyak ikan yang dapat anda beli di apotek dsb. Kalau anda tdk dapat berikan telur puyuh lbh baik minyak ikan tadi di teteskan didalam paruhnya dikarenakan minyak ikan banyak mempunyai atau amat komplate kandungan gizinya jika vit. c yang tdk dipunyai oleh minyak ikan. karenanya ada kalanya diberikan tersendiri buah-buahan layaknya buah apel atau buah pear.

Langkah menjaga kenari yokser

1. Demikian beli burung, anda mesti telah mempersiapkan multivitamin untuk meyakinkan daya tahan tubuhnya tidak gampang drop. walau demikian datang di kandang importirnya tentu diberi multivitamin penambah daya tahan, anda mesti teratur berikan sepanjang pekan-pekan pertama pemeliharaan.

2. Pada pekan-pekan pertama perawatan, janganlah diberi sayur atau hijauan dulu. karena, kenari imporan belum punya kebiasaan diberi sayuran lokasi tropis. bila anda paksakan, kenari memanglah doyan sayur namun alat pencernaannya belum punya kebiasaan mencerna sayuran tropis. sayur dapat mulai diberikan sesudah daya tahan tubuh burung dipastikan kuat, serta menambahkan porsinya dengan bertahap. janganlah segera main gantung sayur segepok layaknya berikan kenari yang telah lama dirawat.

3. Berikanlah kenari yokser pakan berbentuk biji-bijian standar lengkap. beli pakan mahal sedikit tidak problem untuk meyakinkan kelengkapan type serta macam biji yang dikandung didalamnya.

4. Yakinkan kenari yokser dikerodong pada malam hari untuk menghindarkannya dari gigitan nyamuk. namun, janganlah pakai kerodong yang terlampau rapat, karena justru dapat bikin burung kenari imporan tertekan. ingat, bahwa rata-rata kenari diimpor dari lokasi dingin. lantas, yang anda butuhkan hanya meyakinkan dia tidak digigit nyamuk serta terkena terpaan angin dengan segera saat malam hari.

5. Kenari yokser janganlah dipaksakan mandi terlebih dengan disemprot. beri saja wadah air yang agak besar yang sangat mungkin kenari yokser leluasa untuk mandi sendiri.Aancaman serta gangguan

Yakinkan juga kenari yokser imporan dibebaskan dari kutu, gurem, cacing serta serangga yang lain. parasit-parasit pengganggu ini bila menyerang yorkshire yang tengah didalam sistem penyesuaian dengan iklim tropis, dapat beriko jelek serta terkadang menyebabkan fatal.

Ancaman lain yang menghantui burung imporan baru yaitu polusi hawa. polutan dapat datang dari asap bakaran sampah, asap knalpot, asap rokok, aerosol, asap dapur, gas elpiji dan sebagainya.

Karenanya, letakkan kenari baru anda di ruangan yang cukup berventilasi, namun tak ada terpaan angin dengan segera.

Penyakit yang butuh diwaspadai

Ancaman penyakit yang pertama-tama butuh diwaspadai untuk kenari yokser imporan yaitu infeksi saluran pernafasan, radang mata serta infeksi di alat pencernaan. terkait dengan perihal itu, yakinkan anda telah mempersiapkan obat-obatan pada mulanya, hingga saat situasi darurat, anda telah tidak kebingungan untuk menanganinya.

Untuk calon indukan

Umumnya dari konsumen kenari yokser yaitu sebagai calon indukan untuk membuahkan kenari silangan. untuk mempercepat sistem perbaikan alat reproduksi kenari, sebaiknya anda telah lakukan persiapan sejak awal memberikan pakan serta konsumsi yang punya pengaruh pada manfaat reproduksi burung.
 
Top