Mengenal Burung Blackthroat (ocehan-kenari) -Adalah burung yang datang dari benua afrika.Burung ini masuk ke indonesia pada saat penjajahan belanda melewati orang-orang belanda. Bila diterjemahkan ke bhs Indonesia “black” yaitu “hitam”, namun serta “throat” yaitu “kerongkongan”. lantas makna total dari blackthroat yaitu “kerongkongan hitam”.
Asal nama dari burung blackthroat yaitu dikarenakan burung ini mempunyai warna hitam di bagian kerongkongannya atau ada noktah hitam di bagian leher yang tampak layaknya memakai dasi.

Burung blackthroat adalah burung kecil yang mempunyai nada serta nyanyian yang amat menakjubkan. maka dari itu burung blackthroat dikelompokkan didalam bangsa passeriformes serta subbangsa passeres ( bangsa burung penyanyi ). blackthroat masuk didalam famili fringilidae ( bangsa kenari ) didalam grup serinus.
Habitat

Burung blackthroat umumnya hidup di rimba tropis atau subtropis, savana, padang rumput, padang gersang atau rimba kering. burung ini semakin banyak ditemukan di benua afrika yang disebut tempat asalnya.

Burung ini juga dapat ditemukan di china, india, serta belanda yang mempunyai banyak penangkaran burung type ini. di indonesia burung blackthroat dapat ditemukan di pulau jawa, bali, serta sumatera.

Burung blackthroat amat suka area yang tinggi layaknya ranting pohon yang tinggi di mana umumnya dapat berkicau untuk melacak pasangannya atau sebagai tandanya wilayahnya.


Karakter

Burung blackthroat putih keabu-abuan serta blackthroat coklat keduanya sama mempunyai nada yang amat nyaring, keras serta nada ngeroll yang demikian menakjubkan hingga bikin dapat bikin anda demikian sukar untuk mendapatkan berlebihan serta kekurangan dari ke-2 type burung ini.

Burung blackthroat dikenal dapat menyanyikan lagu dengan keras tetapi terdengar merdu hingga perihal inilah yang bikin burung ini disukai oleh beberapa pengagum burung.

Di habitat asalnya yakni afrika, burung ini senang bertengger diatas pohon yang tinggi sembari berkicau untuk memikat blackthroat betina atau untuk mempersyaratkan tempat kekuasaannya.

Berlebihan burung blackthroat yaitu burung ini berbentuk poligami dimana blackthroat jantan dapat dikawinkan dengan kian lebih satu blackthroat betina. pastinya karakter ini amat berguna untuk beberapa penangkar burung.

Burung blackthroat terhitung type burung yang berani dikarenakan dapat kawin dengan burung yang mempunyai ukuran tubuh yang semakin besar, yakni burung kenari. disamping itu burung ini juga dapat kawin dengan burung gelatik, mozambik, serta herda sanger.

Burung blackthroat berbentuk mimikri, yakni dapat menirukan nada type burung lain. burung ini adalah master yang baik untuk burung lomba dikarenakan mempunyai volume, speed serta suara yang indah.

Burung blackthroat memiliki rutinitas berpoligami hingga burung ini bukan hanya terhitung burung sosial. dengan perihal ini pastinya burung ini dapat dipelihara sendiri di tempat tinggal.

Bila pingin memelihara burung blackthroat baiknya tentukan blackthroat jantan dikarenakan mempunyai volume nada yang keras serta suara yang beragam.

Di segi lain blackthroat betina mempunyai suara yang monoton serta nada yang kadang-kadang keras tetapi semakin banyak lemah.

Di antara karakter yang sangat unik dari burung blackthroat yaitu memiliki karakter yang terlampau over protektif. burung ini mungkin mematuki anaknya yang tetap piyik hingga mati bila jadi terganggu saat tengah mengerami telur.
 
Top