Mengenal Burung Poksay (ocehan-kenari) -Merupakan di antara type burung yang dikonteskan atau dilombakan. burung ini juga mempunyai pengagum yang cukup banyak, dengan nada basic yang nyaring serta beragam dalam jarak yang lumayan jauhpun nada burung ini tetap bisa terdengar. burung poksay yang memiliki nada keras serta beragam yaitu burung poksay jantan, burung dengan nama latin garrulax chinensis di alam bebas punya kebiasaan mengonsumsi jenis-jenis serangga layaknya ulat, jangkrik belalang serta yang lain. burung dengan tanda-tanda warna kecoklatan, sedikit warna putih di telinganya serta sedikit jambul diatas hidungnya makin menambah daya tarik poksay pada yang berminat.

Untuk mendapatkan burung bakalan poksay dengan kualitas bagus kita mesti betul-betul jeli saat memilihnya. untuk beli bakalan burung poksay untuk beberapa penghobi burung baru memanglah tergolong sulit, bagaimana tidak lihat burungnya saja tidak dulu apa lagi membedakan type kelaminnya maupun kualitasnya. terkadang ada penghobi burung yang memaksakan untuk beli burung poksay sesaat dia cuma memercayakan filling tanpa tahu apa perbedaan dari burung tersebut. tidak sedikit dari penghobi burung yang tertipu dengan penjual yang senang menipu serta tidak bisa diakui, saat mendekati orang tersebut kita senantiasa diyakinkan bila burung yang dijualnya yaitu burung jantan, bakalan yang bagus, nada yang bagus dal yang lain. itu perihal umum yang biasa dikerjakan penjual, namun dengan syarat tidak berbohong. namun dari sekian banyak penjual burung ada saja sedikit yang berbuat curang mengeluarkan kata-kata manis nyatanya sesudah kita beli burung tersebut betina, cacat atau yang lain yang merugikan konsumen. saya juga dulu rasakan ditipu oleh pedagang pendatang yang layaknya itu dengan penawaran yang memikat serta bikin yakin namun burung yang kita peroleh tidak semanis yang dikatakan.
 
Beli burung poksay bakalan sebenarnya mudah, kita bisa beli burung pada tempat-tempat atau pedagang yang betul-betul bisa diakui dan area jualnya yang terus, dikarenakan umumnya penjual yang tidak jujur datang dari penjual burung pendatang. serta juga dapat mengajak saudara, rekan atau orang yang telah kita kenal serta memahami dengan burung poksay. bagaimana caranya untuk membedakan burung poksay jantan serta betina ? berhubung burung jantan serta betina bila dilihat dengan sekilas sama juga, cobalah cermati tips membedakan burung poksay jantan serta betina di bawah ini :

Burung poksay jantan
  1. Burung poksay jantan walau tetap muda senang makan voer kasar, hingga voer di dalam area pakan
  2. Burung tidak beralih lantas lembut.
  3. Kedudukan leher poksay jantan tegak mendongak, dengan kepala terangkat serta tampak gagah.
  4. Burung poksay jantan ebih jinak, hingga mudah dipegang.
  5. Bila di perhatikan pada warna bulu di bawah ekor dekat dengan lubang dubur, bulu lembut serta
  6. Berwarna kuning kemerahan.
Burung poksay betina
  1. Bila voer yang ada didalam area pakan burung hancur layaknya bubuk, dapat dipastikan burung tersebut betina. itu berlangsung dikarenakan burung betina tidak senang makan voer kasar.
  2. Kedudukan leher poksay betina merata ( nyaris sama rata dengan garis punggung ) serta kepalanya tidak tegak.
  3. Perilaku poksay betina lebih binal, bila akan dipegang senang meloncat-loncat dalam sangkar, sampai kesusahan untuk memegangnya.
  4. Pada burung betina tidak berwarna layaknya poksay jantan.
 
Top