Mengenal Burung Cucak Hijau (ocehan-kenari) -Walau nama umum yaitu cucak hijau atau cucak ijo, tetapi burung ini tidaklah keluarga merbah atau cucak-cucakan. burung cucak hijau sekalipun bukan hanya satu suku dengan cucakrowo atau cucak jawa.

Yang biasa kita sebut cucak hijau ini mempunyai nama ilmiah chloropsis sonnerati. dia yaitu burung cucak-daun besar dengan semua badan dominan dengan warna hijau. Chloropsis sonnerati terhitung ke didalam suku chloropseidae, berkerabat dekat dengan burung cipoh ( aegithina spp. ). Didalam bhs inggris burung ini dikenal sebagai greater green leafbird. 

Beberapa jenis cucak daun juga dikenal dengan sebutan umum burung daun, atau murai daun. Bertubuh tengah, dengan panjang tubuh keseluruhan (diukur dari ujung paruh sampai ujung ekor) lebih kurang 22 cm. 
Layaknya biasanya cucak daun, semua tubuh didominasi warna hijau terang ( hijau daun ), terhitung sayap serta ekor ; sesaat pipi serta tenggorokan burung jantan berwarna hitam bercahaya. 

Perbedaan dengan Cucak-daun yang lain yaitu ada warna ( noktah ) biru pada bahu burung jantan. burung betina dengan tenggorokan kuning serta lingkaran mata kuning. ke-2 type kelamin mempunyai sepasang setrip malar biru bercahaya di segi dagunya. 

Iris mata berwarna coklat gelap, paruh tidak tipis hitam, serta kaki abu-abu kebiruan. Type burung ini terkadang berlaku agresif pada type lain yang berukuran lebih kecil. waktu berkicau, cucak-daun besar dapat menundukkan kepala. makanannya yaitu bermacam serangga serta buah-buahan rimba. 

Habitat cucak hijau 
cucak daun besar menyebar di semenanjung malaya, sumatra serta pulau-pulau di sekelilingnya, kalimantan terhitung juga natuna, jawa serta bali. Tersebar luas namun tidak umum dijumpai, di hutan-hutan dataran rendah serta perbukitan hingga pada ketinggian sekitar 1.000 m dpl. 

Ciri berdasar tempat asal 
Cucak-daun yaitu type burung oriental ( asia ) yang penyebarannya tidak melalui kalimantan di sebelah timur. sebagian macamnya yang ada di Indonesia, tak hanya cucak daun besar, yaitu : 
  1. Cucak daun kecil (c. cyanopogon) ; amat serupa cucak daun besar, cuma ukurannya lebih kecil ( 17 cm ) serta tidak mempunyai bercak biru di bahu. 
  2. Cucak daun sayap-biru ( c. cochinchinensis ) ; sayap serta ekor tersaput warna biru. 17 cm. 
  3. Cucak daun dahi-emas ( c. aurifrons ) ; dahi kekuningan pada yang jantan. 19 cm. 
  4. Cucak daun sumatra ( c. venusta ) ; sangat kecil, 14 cm. dahi serta segi kepala biru terang ( jantan ), tenggorokan biru terang ( betina ). 



 
Top