Di indonesia burung blackthroat mempunyai dua type, yakni blackthroat berwarna putih keabu-abuan ( putih kelabu ) serta blackthroat berwarna coklat.

Burung blackthroat yang berwarna putih keabu-abuan mempunyai pembagian tubuh yang cocok, warna yang indah serta lebih bersih hingga burung ini lebih disukai oleh pengagum burung. namun burung blackthroat coklat mempunyai postur tubuh yang semakin besar.
 
Burung blackthroat adalah burung yang kicauannya amat indah, mengalun amat merdu dengan irama tinggi serta rendah dengan kicauan yang panjang serta tidak terputus-putus. tetapi blackthroat betina umumnya amat cuma mencicit serta nada kerasnya condong monoton.
 
Sukar barangkali untuk awam tahu ciri kelamin jantan serta betina, tetapi dengan fisik tedapat perbedaan untuk memastikan blackthroat jantan serta betina sebagaimana ada pada bagan seperti berikut :
 
Ciri blackthroat jantan
  • Postur tubuh tegap dengan ukuran panjang 12 cm
  • Pita di leher berwarna hitam pekat
  • Ukuran kepala besar serta agak panjang
  • Mempunyai paruh yang tebal
  • Lehernya jenjang
  • Nada ngeroll ( tidak terputus-putus ), volume keras serta mempunyai banyak variasi
  • Permukaan anus menonjol keluar serta ada tonjolan sebesar kacang hijau dengan bulu rawis
Ciri blackthroat betina
  • Mempunyai ukuran tubuh yang nyaris sama juga dengan jantan tetapi postur tubuh agak bulat
  • Pita di leher terlihat samar
  • Ukuran kepala kecil serta membulat
  • Mempunyai paruh yang tipis
  • Lehernya pendek
  • Nada volume kecil serta variasi kicauan monoton
  • Permukaan anus cuma ada lubang untuk keluarnya kotoran

Tips menentukan burung blackthroat
Postur tubuh tegap
Blackthroat yang mempunyai tubuh yang tegap serta besar dan lencir ( panjang ) umumnya mempunyai mental yang baik serta nada yang panjang ini juga bisa mencirikan bahwa blackthroat tersebut tidak alami masalah atau tidak terhalang pertumbuhannya.

Dada yang tegap
Mengisyaratkan bahwa blackthroat tersebut memiliki volume nada nyaring serta keras. blackthroat yang bersuara keras bukan hanya saja indah didengar namum bila kita turunkan didalam satu pertandingan pastinya dapat berani saat memperdengarkan suaranya di lapangan serta bisa menjatuhkan mental lawannya.

Sorot mata tajam

Bisa mencirikan bahwa blackthroat tersebut bermental baik, serta sehat. baiknya janganlah dipilih blackthroat yang bermata sayu dikarenakan bisa mencirikan bahwa mental blackthroat tersebut lemah atau burung tersebut didalam situasi kurang sehat.

Bulu cerah
Bulu yang cerah bukan hanya saja menambah keindahan dari burung tersebut tetapi bisa mencirikan bahwa burung tersebut adalah burung yang baik dari perawatan ataupun mentalnya.

Tidak cacat
Tak hanya tidak tengah dilihat mata, burung yang cacat juga bisa kurangi kesuksesan bila dapat ditangkar. yang biasa alami cacat pada burung finch yaitu sisi kaki, mungkin dikarenakan terlilit atau diganggu hama waktu kecil, maka sisi tersebut mesti memperoleh perhatian spesial saat memilik blackthroat yang kita kehendaki.

Paruh
Tentukan paruh blackthroat yang panjang, tidak tebal serta seimbang di mana sisi bawah serta atas paruh waktu burung tersebut diam mesti rapat, ciri tersebut mengisyaratkan burung tersebut memiliki nada yang keras.

Awas tertipu
Dengan fisik, blackthroat serta herda sanger memiliki kemiripan. adakalanya beberapa pedagang yang tidak jujur memakai langkah tidak terpuji dengan mencat bulu di atas sisi ekornya ( bulu ekor ) jadi warna kuning yang disebut ciri khas serta blackthroat.

Bila ini ditangani dengan rapi maka dapat amat sukar untuk orang awam untuk membedakan pada blackthroat dengan blackthroat jejadian.
 
Top