Cara Jitu Menanggulangi Kacer Bisu Usai Mabung

Cara Jitu Menanggulangi Kacer Bisu Usai Mabung | Ocehan Kenari - Beberapa hal yang dapat mengakibatkan burung kacer kehilangan selera untuk berkicau sesudah rampung mabung. Yang seringkali yaitu perawatan yang kurang pas saat burung tengah membereskan saat mabungnya. Umpamanya terus melombakan burung, walau sebenarnya burung belum usai menumbuhkan bulu–bulu barunya.

Pada saat tengah merampungkan saat mabungnya, burung memerlukan daya serta protein yang semakin banyak dari pada saat saat sebelum mabung.

Saat burung di buat senantiasa aktif, umpamanya dengan menurunkannya ke arena lomba, jadi daya serta protein yang semestinya dipakai untuk membereskan mabungnya jadi terkuras habis. Alhasil, burung condong gampang ngedrop, cepat lemah lantaran stamina yang kurang, serta gampang stres.

Cara Jitu Menanggulangi Kacer Bisu Usai Mabung
kacer usai mabong cinderung diam
Di lapangan juga burung terang tak mungkin saja tampak optimal, hingga semakin banyak diam membisu karena tak mempunyai stamina cukup yang mengakibatkan ia tak berselera untuk berkicau, waktu lawan-lawan bernyanyi dengan menggelora ( baca juga : tips kacer cepat gacor ).

Untuk menangani kacer dengan keadaan itu, jadi hal yang butuh dikerjakan yaitu mengistirahatkan burung untuk sesaat saat dari arena lomba, hingga keadaan serta staminanya kembali fit serta siap tempur.

Bukan hanya meliburkankan burung dari lomba, namun burung juga mesti dirawat dengan cara optimal supaya mentalnya kembali terbentuk hingga dapat sembuh seperti yang lalu. Perawatan yang dapat diberikan diantaranya :
Menggantang burung ditempat tenang, atau dikerodong bila tak mempunyai tempat lain yang dapat dipakai untuk menaruh di ruang yang tenang.
 
Memberi pakan berprotein tinggi, umpamanya jangkrik serta kroto.
 
Memberi konsumsi vitamin serta mineral tambahan ( bisa anda beli sendiri ).
 
Kembali lakukan pemasteran dengan suara-suara masteran untuk menaikkan variasi nada kicauannya yang pernah hilang.

Adapun bentuk perawatan hariannya yaitu seperti berikut :
Hari Senin sampai Rabu, berikanlah 5 ekor jangkrik/hari yang didapatkan 2 x : pagi serta sore. Penjemuran dikerjakan sepanjang 2 – 3 jam. Mandi tak diberikan, namun alternatifnya dapat diberikan mandi malam tiga hari sekali. Janganlah lupa berikanlah vitamin sepanjang tiga hari berturut-turut.
 
Hari Kamis serta Jumat, jumlah jangkrik ditambah jadi 8 ekor (pagi serta sore), penjemuran 2 – 3 jam, serta mandi diberikan pagi hari.
 
Hari Sabtu, jumlah jangkrik kembali ditambah jadi 10-12 ekor (pagi serta sore/malam). Mandi serta jemur tak dikerjakan pada hari ini. Burung cukup digantang ditempat teduh atau diangin-anginkan, kemudian full kerodong, burung juga dapat diberikan vitamin untuk menolong memulihkan staminanya hingga beresiko baik pada penambahan mental serta kegacorannya.
 
Hari Minggu, bila kondisinya siap tempur, burung dapat kembali dilombakan.
Perawatan diatas dapat dikerjakan dengan cara beragam atau bergantung keadaan serta ciri-ciri burung, lantaran ada kacer yg tidak terlampau banyak konsumsi jangkrik, serta ada pula kacer lebih suka konsumsi kroto.

Pemasteran baiknya dikerjakan setiap hari ketika burung tengah tak aktif, atau waktu burung beristirahat.

Sesudah kacer mulai kembali pada keadaan normal, atau seperti sebelum mabung (rajin bunyi serta mempunyai mental bagus), jadi perawatan harian yang umum diberikan pada kacer itu dapat selekasnya diaplikasikan.

 
Top