Cara Mudah Menjinakan Murai Batu Giras

Cara Mudah Menjinakan Murai Batu Giras | Ocehan Kenari -Beli murai batu bahan ataupun yang sudah setengah jadi memanglah perlu kesabaran serta ketelatenan. Karena burung tersebut kebanyakan dalam keadaan belum menyesuaikan dengan lingkungan barunya. Murai batu bahan condong liar, gesit, serta giras, hingga butuh dijinakkan dahulu. 

Di bawah ini cara sederhana dan mudah untuk menjinakkan murai batu giras.
  • > Menempatkan sangkar murai diatas lantai ( tidak usah digantang ).
  • > Pastikan tidak ruangan bebas dari hewan lainnya seperti kucing, tikus atau anjing.
  • > Lakukan hal ini selama 1 - 2 minggu.
  • > Jika punya beberapa murai lakukan hal yang sama dengan meletakan secara berjajar dan  diantaranya  ditutupi agar tidak saling melihat.

Kalau tak selekasnya dijinakkan, perlu saat yang cukup lama untuk turunkan murai batu ke lapangan, bahkan juga bisa samppai 3 tahunan baru dapat dibawa ke arena lomba. Namun bila sudah dijinakkan, dan sudah melalui masa mabung maka burung telah dapat dimainkan ke lapangan lomba.

Harga murai muda hutan atau setengah jadi pasti tambah lebih murah dari pada beli burung yang telah jadi. Tantangannya yaitu bagaimanakah menjinakannya hingga murai pada akhirnya rajin berbunyi.

Supaya burung rajin bunyi, pasti mesti dijinakkan dahulu, hingga burung dapat mengetahui kondisi lingkungan di sekelilingnya, dan tak gampang kaget atau stres jika didekati manusia.

Untuk murai batu bahan, direkomendasikan supaya burung dibiasakan digantang tak jauh dari keramaian. Posisi gantangan juga janganlah terlampau tinggi, kurang lebih setinggi bahu orang dewasa.

Cara Mudah Menjinakan Murai Batu Giras
Pada step awal, murai umumnya bakal loncat-loncat kesana-kemari. Biarlah saja hingga murai bosan sendiri melompat. pastikan burung tak nabrak jeruji sangkar.

Sepanjang sistem penjinakan, burung tak perlu dijemur dahulu. Terkecuali bila buka kerodong burung ingin bunyi ngeriwik di depan yang punya. Bila telah seperti itu, burung telah dapat dijemur..

Jika burung telah ngevoer, jadi kroto fresh terus diberikan, sedang jangkrik diberikan sejumlah 5 ekor saat pagi hari serta dan 5 ekor pada sore hari. Mandi dikerjakan sehari-hari untuk mempercepat adaptasinya.

Jadi, murai batu bakal rajin bunyi atau gacor bila telah jinak atau menyesuaikan dengan lingkungan baru. Demikian sebaliknya, murai batu akan tidak bunyi bila dalam situasi ketakutan, yang membuatnya terus giras.
 
Top