Mempersiapkan Cendet Siap Gantang di Perlombaan

Mempersiapkan Cendet Siap Gantang di Perlombaan | Ocehan Kenari -Cendet adalah burung aktif serta sangatlah atraktif. Juga sebagai burung dengan ciri-ciri predator, cendet mesti mempunyai stamina serta keadaan fisik betul-betul fit. Dengan demikian, mereka lebih cepat meraih top form atau tampilan terbaiknya.

Tersebut yang sampai kini sering diabaikan beberapa cendetmania di Indonesia. Ada banyak yang berasumsi cendet sama juga dengan burung kicauan type yang lain.

Melindungi stamina cendet supaya terus oke dapat diawali dari perawatan hariannya. Dalam perawatan harian, ada tiga usaha yang dapat dikerjakan untuk bikin stamina cendet senantiasa baik serta siap gantang, yakni :

1. Kerap memandikan untuk menghidupkan mental

Mandi untuk burung cendet yaitu suatu hal yang wajib. Karena burung bakal terasa fresh serta lebih yakin diri bila bulu-bulunya telah bersih serta tampak lebih indah.

Karenanya, pada saat memandikan cendet, yakinkan bila bulu-bulunya betul-betul basah. Mandikan dia hingga terasa senang.

Dengan teratur memandikan burung sehari-hari, atau bahkan juga 2 x satu hari, baik lewat cara disemprot atau mandi karamba, jadi Anda sudah menolong menumbuhkan mental cendet hingga siap berkicau dengan lantang.

Mandi juga sangatlah berguna untuk cendet yang alami macet bunyi atau saat ada dalam keadaan ngedrop. Mandi dapat jadi fasilitas mempercepat pemulihan keadaan ngedrop, termasuk juga mandi malam.

Mempersiapkan Cendet Siap Gantang di Perlombaan

2. Penjemuran teratur untuk melatih fisik

Cendet yaitu burung lapangan, yang senantiasa aktif serta atraktif. Kesukaannya bertengger d dahan pohon tertinggi dikerjakannya untuk memonitor daerah kekuasannya dari kehadiran burung lain, hewan, atau serangga yang masuk lokasi mereka.

Lantaran sifatnya itu juga, cendet di kenal juga sebagai burung panas, atau burung yang dapat bertahan dalam keadaan cuaca yang panas atau terik.

Dalam perawatan hariannya, burung cendet juga tak dapat dilepaskan dari penjemuran yang kuat. Dengan cara umum, cendet bakal dijemur mulai sejak jam 07. 00 sampai 10. 00. Namun untuk cendet yang dipelihara di daerah berhawa sejuk, penjemuran dapat dikerjakan lebih lama dari pada umumnya.

Faedah lainnya yang diperoleh dari penjemuran yaitu nada kicauannya dapat jadi lebih kristal atau kencang. Badan cendet juga tampak lebih langsing, dengan kepala tampak semakin besar. Hal semacam itu akan bikin cendet lebih gampang nagen bila dilombakan.

3. Pakan berprotein tinggi untuk melindungi keadaan terus fit

Salah satu aspek terutama dalam melindungi keadaan burung cendet yaitu pemberian pakan berprotein tinggi. Dalam perawatan harian, burung cendet dapat di beri jangkrik sejumlah 3-4 ekor, tiap-tiap pagi serta sore hari.

Tetapi dua hari mendekati lomba, extra fooding (EF) butuh ditingkatkan. Umpamanya jumlah jangkrik dinaikkan jadi 7-10 ekor saat pagi serta sore hari. Lantas pada hari lomba, saat sebelum dibawa ke lapangan, cendet di beri pakan ulat hongkong.

Perawatan mendekati lomba ditujukan untuk melindungi keadaan cendet supaya terus stabil, namun mempunyai birahinya maksimal (cukup).

Terkecuali pakan tinggi protein, burung cendet juga memerlukan konsumsi pakan dari sumberlain. Umpamanya di beri hewan-hewan kecil seperti kadal atau burung-burung kecil. Supaya mentalnya stabil, mangsa alami dapat diberikan tiap-tiap dua minggu sekali.

Juga sebagai burung predator kecil yang cukup aktif, konsumsi nutrisi memanglah tidak seutuhnya dapat diperoleh dari pemberian pakan teratur seperti jangkrik, ulat, atau kroto. Konsumsi nutrisi dapat juga diperoleh dengan cara segera lewat pemberian suplemen vitamin .
 
Top