Mengenal Burung Perling Ekor Panjang

Mengenal Burung Perling Ekor Panjang | Ocehan Kenari -Dari sebagian type burung perling/camperling yang kita kenal, nyatanya ada satu spesies yang mempunyai ekor sangatlah panjang. Suaranya juga cukup menarik. Spesies yang disebut yaitu burung perling ekor panjang atau long-tailed starling (Aplonis magna), serta adalah burung endemik dari Pulau Biak serta Pulau Numfor yang termasuk juga dalam lokasi Papua.

Perling ekor panjang, atau di kenal dengan juga sebutan perling papua, mempunyai ukuran badan semakin besar dari pada perling kumbang. Ukuran badannya dari mulai 28 – 41 cm, dengan ekor panjang serta bertingkat-tingkat.

Warna badannya tak jauh tidak sama dari spesies perling yang lain, yakni hitam mengkilap. Namun dibanding dengan perling kumbang serta perling yang lain yang mempunyai irislah mata merah, irislah mata perling ekor panjang ini berwarna cokelat.

Burung camperling ekor panjang adalah burung penetap yang endemik yang cuma dapat diketemukan di Pulau Biak serta Pulau Numfor. Ada dua subspesies/ras burung perling ekor panjang, yakni :
  • Aplonis magna brevicauda, dengan lokasi persebaran di Pulau Numfor.
  • Aplonis magna magna, dengan lokasi persebaran di Pulau Biak.

Habitat, pakan, serta perkembangbiakan

Perling ekor panjang gampang didapati di pinggiran rimba atau tempat perkebunan. Mereka umumnya diketemukan berpasangan atau dalam grup kecil.

Mengenal Burung Perling Ekor Panjang

Kadang-kadang mereka tampak duduk bertengger di batang pohon tinggi, serta bakal jadi sangatlah aktif di pohon-pohon yang tengah berbuah atau semak-semak.

Seperti keluarga jalak-jalakan yang lain, perling ekor panjang suka pada buah-buahan serta serangga-serangga kecil.

Burung jantan serta betina mempunyai tampilan yang nyaris sama, hingga susah untuk membedakan type kelaminnya. Terlebih burung jantan serta betina keduanya sama dapat berkicau dengan baik.

Sedikit info yang tentang tingkah laku berkembang biak dari perling ekor panjang. Cuma dijelaskan sarangnya terdapat di ketinggian. Ada kemungkinan, perilakunya serupa dengan burung perling type yang lain.

Sampai kini di market beredar banyak sebagian type burung perling, termasuk juga perling kumbang (Aplonis panayensis) serta perling kecil (Aplonis minor). Tetapi janganlah ingin Anda dapat temukan perling ekor panjang. Karena burung ini sulit di tangkap, lantaran seringkali di pohon-pohon tinggi.
 
Top