Header Ads

Cara Memelihara Anis Kembang Anakan

Cara Memelihara Anis Kembang Anakan

Cara Memelihara Anis Kembang Anakan | Ocehan Kenari -Pelihara anis kembang mulai sejak masih tetap anakan dapat memberi kebanggaan sendiri saat burung dewasa dan tampak optimal di lapangan. Itu penyebab, banyak AK mania yang pelihara burung ini mulai sejak anakan. Di bawah ini perawatan anis kembang mulai sejak anakan sampai dewasa.

Perawatan anis kembang usia kurang dari 3 bulan

Perawatan anakan anis kembang yang berusia kurang dari 3 bln. mesti dikerjakan penuh perhatian, lantaran keadaan burung masih tetap lemah.

Mulai sejak menetas serta dipanen dari induknya, anakan burung baiknya terus diletakkan dalam sarangnya atau memakai mangkok plastik yang dilengkapi bahan sarang serta kertas tisu.

Pemberian pakan dikerjakan lewat cara diloloh. Berikanlah voer yang telah dibasahi air, lantas digabung sebagian potongan badan jangkrik atau cacing tanah. Pelolohan dapat dikerjakan tiap-tiap 20 – 30 menit sekali.

Saat malam hari, anakan burung diletakkan dalam sangkar harian atau memakai kotak kardus, yang dilengkapi dengan lampu penghangat.

Sesudah berumur 2 bln., anakan burung dapat dimaster dengan satu type nada masteran yang diputarkan saat pagi, siang serta sore hari.


Perawatan anis kembang usia 4 – 6 bulan

Pada usia ini, burung telah dapat mengetahui type makanannya. Berikanlah pakan penambahan yang beragam untuk membiasakan dengan pakan itu, umpamanya kroto, cacing tanah, serta jangkrik. Karena pakan-pakan seperti tersebut yang bakal dijumpainya sehari-hari.

Pakan penambahan/extra fooding (EF) baiknya diberikan dengan teratur sehari-hari, untuk mengkondisikan burung supaya sesudah dewasa dapat serta punya kebiasaan terima setelan/setingan untuk bikin birahinya stabil atau bertambah.

Bentuk perawatan lain mulai dapat diaplikasikan, umpamanya mandi serta jemur. Mandi dapat dikerjakan lewat cara memasukkan bak mandi kecil ke sangkarnya, atau mandi semprot memakai hand sprayer, tiap-tiap pagi serta sore hari.

Penjemuran dikerjakan seperlunya, kurun waktu tak kian lebih 30 menit. Membiasakan burung berjemur saat pagi hari sangatlah baik untuk pertumbuhannya, serta bikin bulu-bulunya jadi lebih kuat, staminanya juga lebih terbangun.

Anis kembang jantan yang berusia kian lebih 4 bln. umumnya mulai berlatih berkicau dengan keluarkan beragam jenis nada, termasuk juga nada ngeriwik, panggilan, bahkan juga nada crecetan yang keras. Pada step ini, pemasteran dapat dikerjakan dengan memakai sebagian nada masteran atau memakai burung master yang gacor, yang digantang tak jauh dari sangkarnya.

Sesudah berusia 5 – 6 bln., anis kembang mulai alami perubahan bulu atau mabung, yakni bertukarnya bulu trotolan jadi bulu remaja. Ketika itu juga, Anda dapat berikan pakan buah-buahan yang beragam dengan cara teratur sehari-harinya.

Cara Memelihara Anis Kembang Anakan
anis kembang umur 8 bulan

Perawatan anis kembang usia 7 – 10 bulan

Anis kembang saat ini telah menjelma jadi burung remaja. Tampilan serta perilakunya bakal jadi lebih aktif. Untuk mensupport aktivitasnya, pola perawatan hariannya mesti disetel lagi.

Pemberian pakan penambahan seperti kroto, jangkrik, serta cacing tanah mesti lebih ditingkatkan serta diberikan dengan teratur sehari-hari. Begitupun buah-buahan mesti diberikan lebih beragam.

Pengembunan dapat dikerjakan untuk mempercepat burung bertemura kencang/ngeplong. Waktu pengembunan, burung diberikan kroto sejumlah 1 sendok teh untuk merangsangnya supaya ingin berbunyi kencang.

Mandi dapat dikerjakan memakai karamba mandi. Biarlah burung mandi sepuasnya atau hingga tampak melompat-lompat dari tenggeran di karamba mandinya.

Penjemuran dibawah sinar matahari berjalan sepanjang 1, 5 – 2 jam, yang dikerjakan tiap-tiap pagi serta sore hari.

Sesudah berusia kian lebih 9 bln., burung kembali alami ubah bulu dari bulu remaja ke bulu dewasa.
Sesudah burung dewasa, Anda dapat lakukan penyusunan lagi pada pola perawatannya, terlebih masalah EF. Berikanlah perawatan yang sesuai sama untuk tingkatkan birahi burung supaya nantinya lebih rajin berbunyi dengan tampilan optimal.

Sesudah berusia 1 th. atau lebih, anis kembang mulai tunjukkan tampilan yang cukup baik. Dia bakal kerap menyahuti nada kicauan burung sejenis yang ngerol. Silahkan saja diajar ke latber, atau ditrek dengan sesama AK yang lain.
Diberdayakan oleh Blogger.