Penyebab Burung Ocehan Mabungnya Lama | Ocehan Kenari - Bila sistem mabung melebihi batas saat normal, silahkan dicek tentang perawatan yang didapatkan sepanjang masa mabung. Bila Anda terasa telah memberi perawatan dengan cara benar, sangatlah bisa saja mabung yang terlampau lama ini dikarenakan aspek individu burung. Ini sangatlah berkenaan dengan aspek genetis (keturunan), yang memaksa kita cuma dapat pasrah serta sabar.

Bagaimana caranya tahu bahwa kita telah memberi perawatan dengan cara benar saat burung masuk saat mabung. Di bawah ini sebagian kelalaian yang kerap kita kerjakan dalam menjaga burung mabung. Bila Anda tidak pernah mengerjakannya, bermakna langkah perawatan Anda relatif telah benar.

Burung mabung.

Pertama, masih tetap memperlakukan burung mabung sama dari perawatan harian. Walau sebenarnya, keadaan fisiologis burung yang mabung serta tak mabung sangatlah tidak sama. Keadaan burung mabung relatif sensisitif serta lemah, seperti nggreges pada manusia.

Sebagian kelalaian yang kerap dikerjakan waktu burung mabung diantaranya :

Terus melombakan burung serta/atau mempertemukannya dengan burung sejenis. Umpamanya pada burung jenis fighter seperti murai batu, kacer, pentet, serta tledekan, ataupun jenis semi-fighter seperti cucak hijau.
Tak memberi banyak saat untuk burung untuk beristirahat, terlebih saat malam hari. Umpamanya, sangkar tak dikerodong serta lampu dilewatkan selalu menyala.

Kemudian, meremehkan permasalahan pakan cuma lantaran burung telah tak dilombakan lagi. Burung yang mabung terus memerlukan pakan dengan kandungan protein serta kalori tinggi. Kalori adalah sumber daya yang dibutuhkan untuk merontokkan bulu (awal moulting).

Adapun protein sangatlah dibutuhkan dalam rencana menumbuhkan bulu-bulu baru. Karena, terkecuali kalsium serta fosfor, material utama untuk menumbuhkan bulu baru yaitu keratin, salah satu type asam amino esensial. Asam amino terdapat dalam protein.

Malnutrisi, atau kekurangan nutrisi, sepanjang burung mabung bakal bikin penderitaan burung jadi tambah, serta umumnya berbuntut pada stres. Itu penyebab, banyak burung juara yang mendadak macet bunyi selesai mabungnya rampung. Perlu terapi spesial serta saat lama untuk membuatnya kembali gacor.

Tetapi, pemberian protein juga butuh diawasi sedemikian rupa, hingga tak mengakibatkan burung jadi over birahi sepanjang masa mabung. Sebagian pemain murai batu, umpamanya, menggabungkan pemberian kroto (sumber protein) serta ulat kandang (peredam birahi) untuk gaconya yang tengah mabung.

Kekeliruan dalam perawatan burung sepanjang mabung inilah yang sering bikin burung stres, serta hal semacam ini bakal memperlambat sistem ambrolnya bulu ataupun memperlambat sistem tumbuhnya bulu baru. Mengakibatkan, saat mabung juga molor terlampau lama.
 
Top