Cara Jitu Mengatasi Cucak Hijau Giras dan Liar  | Ocehan Kenari -Walau telah banyak tips tentang langkah menjinakkan burung bakalan, kenyataannya ada banyak ijomania yang di buat ribet dengan piaraannya yang masih tetap giras, serta tampak terus liar.

Tak seperti type burung kicauan yang lain, ciri-ciri cucak hijau memanglah cukup unik. Burung ini condong “kumaha aing” atau “bagaimana saya saja“.

Saat beli cucak hijau bakalan, biasanya mereka tidak dipengaruhi oleh sistem penjinakan yang kita kerjakan sesuai sama beberapa cara umum. Dalam beragam masalah, banyak ijomania yang telah berminggu-minggu lakukan penjinakan, tetapi cucak hijau tetap masih tidak ingin jinak.

Semoga panduan menjinakkan burung cucak hijau di bawah ini dapat jadi jalan keluar untuk Anda yang masih tetap dipusingkan dengan girasnya burung piaraaan dirumah.

Biarlah burung beradaptasi


Saat baru beli cucak hijau bakalan dari pasar burung, hal pertama yang perlu dikerjakan yaitu menaruh burung itu dalam kandang yang bersih serta menggantungnya ditempat sepi, tidak ada burung lain. Kerjakan hal semacam ini sepanjang beberapa hari.

Sistem penyesuaian ini mempunyai tujuan supaya cucak hijau punya kebiasaan dengan keadaan sangkar dan semua aksesori didalam sangkar, seperti tempat makan, tempat minum, serta tenggeran. Hal semacam ini dapat menghindar burung berperilaku diluar kontrol, seperti ketakutan lantas menabrak-nabrak jeruji sangkar yang dapat melukai sisi badannya.

Taruh burung ditempat tenang. Bila tak mempunyai tempat untuk menggantung burung, kerodong saja burung sepanjang beberapa hari. Kerodong cuma di buka waktu kita ganti pakan atau bersihkan sangkar.



Berikanlah pelajaran pada burung


Saat burung tengah dilatih untuk jinak, namun ia terus terasa kenyang dengan pakan berlimpah, pasti hal semacam itu tidak bakal efisien. Banyak burung yang tetap masih giras walau telah melakukan latihan penjinakan sepanjang berhari-hari, bahkan juga berminggu-minggu.

Salah satu langkah yang cukup efisien yaitu memberi pelajaran pada burung bahwa kita tidaklah musuh yang perlu ditakutinya, tetapi kawan serta pelayan yang bakal memberinya banyak makanan lezat untuk dia.

Beberapa burung cucak hijau mempunyai ritme saat sendiri. Mereka ketahui kapan mau istirahat, serta kapan mau lakukan aktivitasnya. Hal itu tidak sering diketemukan pada spesies burung lain yang umumnya terus aktif pada malam hari bila lampu ruang masih tetap menyala.

Pada cucak hijau, walau lampu ruang masih tetap menyala, mereka rata-rata berbentuk “pelor” atau nempel-molor, saat kita ingin memasukkannya ke rumah pada sore sampai malam harinya.

Lihat perilakunya, kita dapat memberikannya pelajaran lewat cara mencabut tempat pakan, minum, serta buah-buahan setiap saat burung dibawa masuk ke rumah untuk beristirahat.

Lewat cara seperti ini, jadi saat bangun saat pagi harinya, cucak hijau akan tidak merasakan pakannya. Nah, waktu tersebut kita dapat mulai memberi latihan penjinakan. Kita melatihnya waktu burung terasa lapar.

Pagi harinya, saat terasa lapar, umumnya burung bakal tampak kerap ada di basic sangkar untuk mencari pakan. Ketika tersebut kita sodorkan buah pisang dengan tangan kita diluar sangkarnya.

Untuk pertama kalinya, burung mungkin saja masih tetap terasa ketakutan. Namun bila Anda gigih, cucak hijau bakal mulai berani mendekati serta mematuk pakan kesukaannya itu.

Bila burung telah berani mengambil pakan, setelah itu sodorkan buah pisang atau serangga dengan posisi tangan kita masuk ke sangkar (lewat pintu).

Jika cucak hijau masih tetap berani mengambil pakan, kita dapat lakukan suatu hal yang lain, yakni menyodorkan tangan kosong. Nah, bila dia berani mematuki tangan kita, itu berarti cucak hijau telah tak takut lagi dengan kita. Dia bakal berasumsi kita juga sebagai pelayannya.

Mendekati siang hari, pakan serta air minum dapat dipasang, serta dicabut lagi saat burung siap untuk beristirahat. Dengan lakukan hal teratur seperti ini, jadi cucak hijau yang awal mulanya giras banget juga bakal cepat jadi jinak.

Lakukan dalam keramaian
Sesudah cucak hijau mempunyai keberanian mengambil pakan dengan cara segera dari tangan kita, saat ini waktunya untuk memperkenalkan burung pada lingkungan manusia. Langkah yang umum dikerjakan beberapa orang yaitu menggantung burung ditempat ramai.

Hal itu mempunyai tujuan tingkatkan daya adaptasinya supaya mengetahui sekitar lingkungan, juga membiasakan burung hadapi lalu-lalang manusia. Dengan demikian, ciri-ciri serta mentalnya mulai terbentuk, hingga dapat mempercepat keadaan rajin berbunyi.

Tersebut sebagian panduan singkat sekitar langkah menjinakkan burung cucak hijau yang masih tetap giras serta susah dijinakkan.
 
Top