Cara Mengatasi Burung Cendet Terlalu Galak
cendet galak juga bisa membunuh burung lain

Cara Mengatasi Burung Cendet Terlalu Galak | Ocehan Kenari - Selain manja atau terkadang miyik, permasalahan yang kerap dihadapi beberapa cendetmania yaitu burungnya beralih jadi galak, bahkan juga galak banget. Dapat dipikirkan, begitu menderitanya yang memiliki/perawat cendet saat burung piaraannya selalu mematuki tangannya waktu ganti pakan atau isi air minum. Untuk kurangi penderitaan Anda, di bawah ini panduan singkat menangani burung cendet yang terlalu galak. 

Biasanya, tingkah laku galak pada burung cendet dikarenakan oleh keadaan over birahi. Diluar itu, terdapat banyak aspek penyebab yang lain, yakni : 
  • - Birahi alami, atau burung masuk saat breeding/musim kawinn. 
  • - Perawatan kurang optimal, umpamanya burung tidak sering dimandikan atau kurang dijemur. 
  • - Kekurangan nutrisi/gizi. 
  • - Ciri-ciri bawaan dari burung itu. 

Namun jika tingkah laku galak ini nampak disebabkan aspek yang lain, jadi langkah mengatasinya sesuai dengan sumber atau akar masalahnya. 

Cendet Galak Disebabkan Masuk saat Breeding 


Di alam liar, burung cendet memiliki ritme kehidupan yang dimaksud saat breeding atau musim kawin, musim berkembangbiak. Bahkan juga spesies ataupun subspesies cendet di daerah spesifik telah mempunyai saat spesifik yang relatif ajek untuk berkembangbiak, umpamanya mulai Maret sampai Mei, dan sebagainya. 

Dalam perawatan manusia, cendet tak mempunyai musim kawin seperti di alam liar, lantaran belum pasti memiliki pasangan. Namun saat burung telah meraih usia dewasa kelamin, atau masak dengan cara seksual, pasti dia mempunyai perasaan/hasrat/insting untuk kawin serta berkembangbiak. 

Pada cendet yang telah meraih usia dewasa kelamin, keadaan breeding umumnya bakal tampak dari bulu-bulunya yang lebih rapi dari pada umumnya. Bulu–bulu ekor tampak lebih rapat. Bahkan juga bila dilombakan, keadaan birahi cendet dalam keadaan maksimal hingga dapat tampak lebih maksiml dari pada umumnya. 

Namun lantaran terus-menerus tidak ada pelampiasannya, burung pada akhirnya beralih jadi agresif serta galak. Untuk menangani hal itu, cendet butuh dikawinkan dengan lawan macamnya. Syukur-syukur jadi dapat ditangkarkan dirumah. 

Bila memanglah tak sangat mungkin untuk mengawinkannya, jadi mesti dikerjakan penyusunan lagi pada pola perawatan hariannya, terlebih kurangi pakan yang memiliki kandungan kandungan protein tinggi. 

Cara Mengatasi Burung Cendet Terlalu Galak

Perawatan Harian untuk Cendet Terlalu Galak


Di bawah ini cara-cara mengatur lagi pola perawatan harian untuk menangani cendet yang galak banget : 

1. Mengatur lagi pemberian EF 

Seperti diterangkan diatas, butuh dikerjakan penyusunan lagi dalam pemberian extra fooding EF) supaya burung cendet tak semakin tambah galak. Bila sampai kini jumlah jangkrik sejumlah 10 ekor /hari (diberikan 2 x, pagi serta sore), jadi jatahnya dapat dikurang sampai 50 – 70 persen, atau seputar 3 – 5 ekor jangkrik /hari. 

Tetapi bila sampai kini cendet cuma diberikan 2-3 ekor jangkrik sehari-harinya, jadi penyusunannya dapat dikerjakan dengan menaikkan porsinya, umpamanya jadi 5 – 7 ekor/hari hingga kondisinya normal. Sesudah cendet kembali normal, dengan kata lain tak galak lagi, perawatan dapat dikembalikan seperti awal mulanya. 

2. Jauhi penjemuran dengan cara berlebihan 

Cendet galak disebabkan over birahi dapat juga dikarenakan penjemuran terlalu berlebih. Untuk mengatasinya, sudah pasti durasi penjemuran harus dikurangi. 

Idealnya, lama penjemuran optimal 1, 5 – 2 jam sehari-hari, yang diawali pada jam 06 : 30 pagi hari atau sesudah matahari terbit. 

Alternatif yang lain yaitu lakukan pengembunan. Mengeluarkan burung ketika fajar, atau paling telat saat sebelum jam lima pagi, untuk diembunkan. Burung digantang pada tempat dimana cendet dapat terpapar cahaya matahari pagi saat terbit. 

3. Mandikan tiga kali sehari 

Jalan keluar yang lain untuk menangani cendet yang galak banget yaitu memandikannya sekerap mungkin saja, umpamanya tiga kali sehari-hari (pagi – siang – sore). 

Mandi malam dapat juga jadi alternatif untuk turunkan tingkah laku galak pada cendet. Mandi malam dikerjakan sesudah jam 19. 30 sampai jam 21. 00. 

Sesudah dimandikan, burung selekasnya dianginkan ditempat hangat (berlampu), lalu sangkarnya ditutupi dengan kerodong. Biarlah bberistirahat hingga waktunya diembunkan lagi keesokan hari.
 
Top