Membuat EF Tepung Udang untuk Ciblek dan Pleci

Membuat EF Tepung Udang untuk Ciblek dan Pleci | Ocehan Kenari -Pakan penambahan/extra fooding (EF) untuk burung-burung kecil yang sangatlah aktif, seperti pleci serta ciblek, sesungguhnya tidak mesti senantiasa berbentuk jangkrik atau ulat hongkong saja. Anda juga dapat sediakan variasi pakan yang lain supaya keseimbangan serta kelengkapan nutrisinya lebih terbangun. Umpamanya bikin tepung udang, yang dapat jadikan EF alternatif untuk pleci serta ciblek.

Sampai kini, pengagum burung di Indonesia biasanya memberi EF pada burungnya berbentuk jangkrik, ulat, serta kroto. Tidak jadi masalah memanglah, walau sesungguhnya ada banyak type EF yang lain yang dapat diberikan untuk burung kicauan

Membuat EF Tepung Udang untuk Ciblek dan Pleci
udang air tawar sebagai bahan utama

Terkecuali pakan hidup dari type serangga, ada pula EF dari sumber lain yang mempunyai faedah serta kandungan gizi yang tinggi, yakni tepung daging serta tepung udang.

Di market, beredar banyak product tepung udang, lantaran jadi salah satu bahan dalam pengaturan ransum untuk ayam, itik, serta burung puyuh. Tetapi tepung udang yang di jual di market biasanya terbuat dari limbah udang, umpamanya sisi kulit serta kepala udang yang keras.

Dalam pembuatan tepung udang untuk burung kicauan, bahan paling utama yang dipakai yaitu udang tawar, bukanlah udang asin atau udang rebon yang berwarna putih yang banyak di jual di pasar lantaran mempunyai kandungan garam cukup tinggi.


Cara Pembuatan EF Tepung Udang untuk Ciblek dan Pleci


  • > Masukkan udang ke wadah/mangkok diisi air panas sepanjang 10 menit.
  • > Kemudian, udang disaring serta buang sisa-sisa airnya, lalu ditiriskan.
  • > Udang dikeringkan lewat cara dipanggang dalam oven sekitar 30 menit
  • > Sesudah kering, udang ditumbuk sampai halus atau digiling memakai jus.
  • > Tepung udang telah siap diberikan pada burung peliharaan Anda.
Membuat EF Tepung Udang untuk Ciblek dan Pleci
Tepung udang yang sudah siap

 Tepung udang dapat diberikan lewat cara-cara, diantaranya :

  • > Dimasukkan ke wadah pakan terpisah.
  • > Digabung dengan voer.
  • > Digabungkan berbarengan bahan pakan yang lain, saat Anda mau bikin pakan racikan untuk burung.

Tepung udang dapat diberikan sehari-hari dengan jumlah seperlunya. Untuk burung pleci, cukup 1/2 sendok teh saja. Bila untuk burung ciblek serta burung kicauan yang lain, dapat diberikan dalam jumlah 1 sendok teh.
Lantaran kandungan protein tepung udang sangatlah tinggi. Protein tinggi, tepung udang juga kaya zat khitin serta mineral kalsium (Ca). Bahan pakan ini dapat berikan penambahan daya serta mendongkrak birahi untuk burung-burung yang sulit bunyi.
 
Top