Penyebab Burung Ocehan Mati Mendadak

Penyebab Burung Ocehan Mati Mendadak | Ocehan Kenari -Pernah suatu ketika saya mendapati salah satu burung kenari di rumah kedapatan mati, padahal 30 menit sebelumnya masih berkicau. Pakan juga cukup, air minum cukup, juga saya berikan sayuran, tetapi akhirnya salah satu burung kenari di rumah tewas juga. Penasaran juga, akhirnya  saya mencari tahu sendiri lewat browsing dan tanya teman kicaumania, berikut adalah rangkumannya.

Burung Kenari Mati Mendadak Bisa karena salah satu sebab dibawah ini :


1. Disengat lebah (bila kali lain burung mendadak mati, cobalah check detail badannya ; adakah bengkak dsb). 

Bila di seputar rumah Anda tampak banyak lebah, jadi untuk melindungi supaya lebah tak mengganggu burung2 Anda, butuh Anda taburkan gula pasir atau gula jawa di wadah apa sajakah, beri sedikit air serta tempatkan di halaman rumah yang jauh dari tempat gantangan burung. Lebah2 bakal lebih sukai beterbangan di dekat gula daripada keluyuran di dekat burung Anda. 

2. Terkena penyakit ND (Newcastle Desease), yang serangannya mendadak serta fatal untuk burung kecil. Tak ada obatnya terkecuali vaksinasi juga sebagai pencegahannya. 

3. Tersedak pakan. Tak ada penyembuhannya terkecuali saat masih tetap tampak hidup lalu burung dipegang serta Anda sedot dibagian paruhnya (seperti orangtua yang menolong menyedot lendir bayi saat si bayi flu/pilek). Janganlah terlalu keras menyedotnya lantaran bisa-bisa jadi mengakibatkan kerusakan organ dalam kenari. 

Demikian semoga bermanfaat.
 
Top