Mengenal Burung Samho

Mengenal Burung Samho | Ocehan Kenari -Pada masa 1990-an, terdapat banyak burung impor yang popular di arena lomba. Umpamanya poksai hongkong, hwamei, pekin robin, serta samho. Yang dimaksud paling akhir ini tidak sering di ketahui kicaumania zaman saat ini. Samho termasuk juga dalam famili Leiothrichidae, atau mungkin masih tetap berkerabat dekat dengan poksai hongkong, poksai jambul, robin, hwamei, serta pancawarna. Burung samho mempunyai style unik serta kicauan merdu, namun saat ini menghilang dari peredaran, seakan ditelan zaman.

Burung-burung dari grup poksai/laughingthrushes cuma dapat didapati di Asia, dengan spesies paling banyak ada di lokasi Pegunungan Himalaya serta China.

Indonesia juga mempunyai sebagian spesies lokal burung poksai, diantaranya poksai sumatera, poksai mantel, serta poksai kuda : seluruhnya burung endemik negeri kita.

Samho juga termasuk juga burung dari grup poksai, walau cuma diketemukan di lokasi China serta Taiwan. Burung inilah yang pernah ngetren di Indonesia pada dekade 1990-an, berbarengan dengan naik pamornya burung hwamei, yang juga datang dari China serta Taiwan.

Ada dua spesies burung samho, yakni :
  1. Samho buffy/buffy laughingthrush (Garrulax berthemyi) : Cuma diketemukan di China.
  2. Samho rusty/rusty laughingthrush (Garrulax poecilorhynchus) : Cuma diketemukan di Taiwan.

Ke-2 type burung samho ini mempunyai tampilan fisik yang nyaris sama. Ketidaksamaan cuma pada kecerahan warna pada sayap serta sisi bawah badannya. Ke-2 type samho ini pernah menguasai pasar burung di Indonesia, saat keran impor burung masih tetap longgar.

Burung samho mempunyai style berkicau yang unik. Saat bersua pasangan atau mungkin burung sejenis, dia bakal menari seperti tarian poksay hongkong. Nada kicauannya cukup merdu, dengan volume khas burung poksay yang di kenal lantang.

Mengenal Burung Samho

Kehadiran burung samho sekarang ini seperti hilang ditelan zaman. Walau sebenarnya bila burung ini masih tetap dapat diketemukan di pasar-pasar burung seperti masa 1990-an, pasti banyak diburu kicaumania terlebih untuk jadikan burung master. Di Eropa, burung samho malah sukses dikembangbiakkan.

Pakan paling utama burung samho yaitu keong serta serangga seperti kumbang serta ulat. Burung ini dapat suka pada beragam type buah. Sama dengan spesies poksai yang lain, samho suka mandi, bahkan juga dapat sekian kali dalam satu hari.

Bila kebetulan Anda mempunyai burung samho, upayakan tidak untuk menjemurnya terlampau lama, lantaran burung lebih suka melakukan aktivitas dalam lingkungan teduh serta sejuk.

Nada samho cukup tidak sama dari nada kicauan poksai lain yang rata-rata tak teratur. Nada kicauannya mengalun seperti kicauan poksai hongkong, bahkan juga dapat lebih beragam.
 
Top