Tips Mengatasi Kutu pada Burung Ocehan

Tips Mengatasi Kutu pada Burung Ocehan  | Ocehan Kenari -Kutu adalah satu diantara type penyakit yang seringkali menyerang burung kicauan. Burung yang terserang kutu bakal menyebabkan performa burung jadi kurang optimal, serta lebih parahnya lagi bakal beresiko jelek pada nada burung kicauan.

Menangani Penyakit Kutu Pada Burung

Kutu yang bersarang pada bulu burung kicauan, bakal meninggalkan rasa gatal yang mengganggu. Hingga saat burung mulai terasa gatal, jadi burung juga bakal mematuki bulunya dengan cara terus-menerus. Rasa gatal itu bakal bikin burung susah berkonsentrasi, mengakibatkan burung jadi malas bunyi (berkicau).

Bila penyakit kutu burung dilewatkan terlampau lama, jadi bisa di pastikan burung bakal alami kebotakan serius. Untuk menangani penyakit kutu burung ini, sesungguhnya bisa dikerjakan dengan beragam langkah satu diantaranya yaitu dengan obat kutu spesial burung. Tetapi di sini kami tak merekomendasikan pada Anda untuk memakai obat kimia, lantaran pada intinya kutu burung bisa di hilangkan dengan beberapa bahan alami. Tersebut ramuan ajaib yang dapat Anda pakai waktu burung kicauan Anda terserang penyakit kutuan.

Tips Mengatasi Kutu pada Burung Ocehan

Menyingkirkan kutu dengan ramuan air sisa cucian beras (tajin)

Air tajin (dalam bhs Jawa) benar-benar sangat ampuh untuk menangani penyakit kutu. Air tajin dapat menembus susunan lilin pada bulu burung di mana tempat kutu serta telurnya bersarang. Waktu burung dimandikan dengan air tajin ini jadi automatis air bakal membasahi bulu burung serta menembus susunan lilinnya, hingga melepas kutu beserta telur yang bersarang.

Langkah memakai ramuan air tajin ini sangatlah gampang, Anda cuma butuh memasukkan air tajin tadi kedalam semprotan (sprayer) lalu burung disemprot dengan air tajin. Anda dapat menyemprotnya lewat cara memegang burung atau menyemprotnya dari luar sangkar. Kelak bakal tampak kutu lantaran keluar dari sarangnya. Gampang sekali bukanlah.

Langkah untuk lain menyingkirkan kutu burung yaitu dengan ramuan ajaib dari daun sirih. 
  • Siapkan 7 sampai 10 lembar daun sirih yang tua lalu rebus dengan 1 liter air.
  • Semprotkan tiap-tiap pagi dan sore air rebusan itu.
  • Lakukan penyemprotan itu selama 1 minggu.
  • Jika menggunakan keramba ya di cobalah saja semoga burung ocehan yang kutuan bakal mandi di keramba, karena biasanya burung tidak mau mandi karena belum miliki kebiasaan dengan aroma daun sirih itu.
 
Top