kenari cepat bertelur
kenari betina mengerami telurnya

Cara Burung Kenari Cepat Bertelur | Ocehan Kenari -Kenari adalah type burung yang gampang ditangkarkan. Saat produksinya juga dapat juga diperkirakan oleh penangkar, hingga dalam menangani hal yang bisa menyebabakan kegagalan dalam menangkarkannya dapat cepat terselesaikan lewat manajemen yang baik.

Biasanya betina kenari siap berproduksi pada kisaran usia 8-10 bln.. Betina kenari bakal lakukan sistem reproduksi pada usia itu dengan tunjukkan ada sinyal tanda bahwasanya betina itu telah ada tanggapan saat dengarkan serta lihat pejantan merayunya. Terkecuali sinyal tanda itu, burung kenari betina juga tunjukkan tingkah laku baru yakni membawa serabut-serabut yang disiapkan oleh penangkar untuk jadikan sarang. Sisi fisik juga dapat juga kita amati yakni dengan lihat perut serta anus yang telah makin jadi membesar, merah serta bengkak mengisyaratkan bahwasanya burung kenari itu telah siap untuk ditangkarkan serta dikawinkan.

Tetapi ada juga betina kenari yang terlambat birahi hingga sistem reproduksinya juga terlambat. Disuatu masalah saya sudah temukan betina yang terlambat birahi, kurang lebih telah usia 2 th. belum juga menunjukkan sinyal tanda bahwasanya kenari itu telah siap untuk ditangkarkan. Lewat sebagian uji coba, saya mempelajari beberapa hal yang mengakibatkan betina itu terlambat bereproduksi. Beberapa hal yang mengakibatkan burung kenari betina yang terlambat birahi yaitu aspek manajemen pemeliharaan yang kurang optimal, manajemen pakan yg tidak baik, serta aspek genitas.

kenari cepat bertelur
pasangan kenari

Manajemen pemeliharaan yang kurang optimal adalah satu diantara pemicu kenari betina terlambat bertelur. Manajemen pemeliharaan mencakup penjemuran, kebersihan sangkar, dsb. Penjemuran yang cukup bisa mempercepat sistem birahi burung kenari. Walau demikian sebelum saat sistem penjemuran kita butuh penyemprotan atau mungkin biarlah burung mandi terlebih dulu atau mungkin dijemur sembari di beri tempat mandi supaya burung dapat cepat bereproduksi. 

Lalu aspek manajemen pakan yang kurang baik dapat juga memperlambat sistem birahi betina. Pakan yang di dukung EF paling baik dapat menambah hormon reproduksi hingga sistem reproduksi jalan dengan cepat. EF yang dapat diberikan diantaranya sayuran (Sawi bakso, sawi putih, daun ginseng, gambas atau mungkin kerap dimaksud ceme, serta jagung manis), buah-buahan seperti apel butuh diberikan, serta telur puyuh rebus. Aspek genitas sangatlah punya pengaruh sekali pada cepat lambatnya sistem reproduksi, hal semacam ini karena gen yang diwariskan oleh ke-2 orang tuanya. Tetapi tak tutup kemungkinan hal semacam itu bisa kita siasati dengan satu usaha supaya betina kenari cepat bereproduksi. 

Hormon reproduksi yang dmiliki burung pada karakter ini terlambat bekerja hingga burung kenari terlambat birahi. Jalan keluar terbaiknya yaitu dengan tempelkan pejantan yang dapat berkicau serta ingin merayu betina. Hal semacam ini dikerjakan dengan teratur supaya hormon burung betina cepat bekerja serta cepat bereproduksi.
 
Top