Burung Cendet

Memulai Memelihara Burung Cendet | Ocehan Kenari -Jika anda mempunyai waktu luang, barangkali pelihara cendet dari kecil juga bisa dicoba. Tetapi jika anda repot, maka saya anjurkan cobalah untuk memelihara yang 1/2 jadi, yang telah 1-2 kali mabung. Dengan kwalitas yang bagus, digabungkan dengan master serta perawatan yang bagus, saya meyakini bakal tercetak cendet-cendet yang bagus juga. Dari pengalaman saya sampai kini, saya telah pelihara sebagian cendet yang saya beli dari pasar serta baru terlepas trotol, ada 1-2 yang cukup bagus juga. 

Pada intinya perawatan cendet sangat sangatlah tergantung pada kakarter bawaan dari pentet itu serta juga rutinitas perawatan yang telah dikerjakan pada awal mulanya. Maka butuh sekali dicarikan info tentang perawatan pentet sebelum saat ada di tangan kita. Memanglah mesti diakui ada penjual yang berniat tidak ingin memberi resep perawatan maksimum pada kita, oleh karenanya mesti digabungkan dengan kejelian kita dalam mengamati sehari-harinya dari burung tsb.

Persoalan yang kerap muncul dalam perawatan burung pentet/cendet

1) Pentet yang kurang gacor namun jinak
Lihat perawatan saya pikir telah cukup ‘pakem’, serta jika belum optimal, barangkali butuh dipandang apakah bulu pada keadaan nyaris mabung ataukah masih baru. Jika telah tua serta nyaris mabung, barangkali itu yaitu tanda-tanda ingin mabung. Namun kalau bulu masih ‘gress’, sebaiknya untuk coba memandikannya 2 hari sekali, untuk menambah birahinya. Kemungkinan lain, yaitu dapat ditest dengan didekatkan pentet lain, apakah ingin gacor berbunyi. Lantaran ada type pentet yang ‘tempur’, baru bakal gacor bila didekatkan dengan lawan. Jadi kesehariannya akan tidak terlampau banyak berkicau. Untuk burung serak, untuk recovery dapat ditambahkan larutan kaki tiga di air minumnya.

Burung Cendet

2) Pentet giras
Bila terlampau giras, jangkrik cobalah di turunkan porsinya, pemberian. Ulat hongkong juga cobalah di turunkan dahulu porsinya. Kroto berikanlah 1 sendok makan. Memandikan sesering barangkali, lantaran umumnya bakal turunkan kegirasan burung tsb. Aspek giras, tak hanya keunggulan extra fooding, mungkin dapat juga karena lantaran keadaan burung yang stress. Mungkin burung takut pada topi, sepeda bermotor, beberapa warna spesifik. Ini yang perlu benar2 dilihat. Untuk menguji apakah burung tsb stress atau mungkin tak, barangkali dapat ditest dengan jalan mengadunya dengan burung sejenis. Jika dia ingin normal berbunyi, bermakna dia tak stress, namun jika tak berbunyi, muter-muter, barangkali anda butuh berprasangka buruk bahwasanya burung tsb dalam keadaan stress.

3) Pentet galak
Upayakan untuk seringkali memandikannya, umpamanya pagi serta sore sehari-harinya, lalu cobalah kerodong di buka dahulu, supaya dia punya kebiasaan dgn manusia. Upayakan juga untuk memberi makanan (jangkrik, ulat hk dan lain-lain) lewat tangan kita segera. Nah untuk sesaat bila ingin mengambil tempat makan atau mungkin minum, upayakan dengan memberi jangkrik dahulu pada pentet tsb, jadi sesaat dia makan, kita dapat lebih leluasa mengambil tempat air atau mungkin minumnya, tanpa ada butuh cemas dihajar oleh pentet tsb.

Pentet galak/takut, umumnya ada 2 pemicu, yakni trauma serta birahi.
Sampai kini pentet di kenal juga sebagai burung pedendam, saya mempunyai yg bila tengok saya bukannya kabur jadi galak…sampai takut sendiri lho, ditambah lagi bila ingin nambahain pakannya, tangan hingga dipatokin. Jadi hindarilah berbuat kasar pada pentet seperti mencabut bulu dan lain-lain.
 
Top