Ada permulaannya burung gelatik jawa (Padda oryzivora) yakni burung berkicau yang datang dari suku estrildidae sempat disangka untuk burung pengganggu untuk sebagian petani karena memiliki populasi yang sangat banyak, terutama di jawa dan bali.

Lain dahulu lain waktu ini. waktu ini burung gelatik jawa cukup sulit ditemukan dan bisa dikatakan sebagai burung yang langka. di dalam periode panjang tentang ini bisa menyebabkan burung ini terancam punah di habitat aslinya.

Pemicunya yakni rusaknya alam atau tergesernya tempat hijau, penggunaan pestisida atau pupuk kimia pada pertanian, perubahan pergiliran tanaman padi, dan yang benar-benar kritis yakni penangkapan besar-besaran yang ditangani oleh manusia yang ditangani untuk maksud usaha.

Walau burung ini awal mulanya dibenci petani dan di kenal untuk burung pengganggu, namun burung gelatik jawa waktu ini telah jadi diantara burung idaman untuk pengagum burung.

Ditambah burung ini memiliki harga yang cukup mahal, yaitu kurang lebih 600 ribu rupiah per ekor (tergantung jenisnya), sampai tentang ini semakin menaikkan daya tarik seorang untuk menangkar burung gelatik jawa.

Ciri
Burung gelatik jawa biasanya untuk jadikan burung hias karena memiliki pola warna bulu yang sangat indah dan terlihat menarik. sinyal tanda fisik pada burung gelatik jantan dan betina hampir sama.

Dibawah ini yakni sinyal tanda dari burung gelatik jawa, yaitu :
  • Memiliki ukuran badan yang kecil dan panjang badan kurang lebih 15 cm
  • Memiliki warna bulu kepala yang berwarna hitam
  • Memiliki pipi yang berwarna putih
  • Memiliki paruh memiliki ukuran besar yang berwarna merah
  • Memiliki kaki yang berwarna merah muda
  • Pada lingkaran mata ada lingkaran yang berwarna merah
  • Perut berwarna coklat kemerahan
Burung gelatik muda berwarna cokelat atau belum memiliki warna yang tegas seperti induknya burung gelatik dewasa berwarna abu-abu.
Habitat
Burung gelatik kerapkali ditemukan di pulau jawa dan bali. burung ini biasanya hidup di sawah, rimba padang rumput, dan tempat budidaya.

Walau burung ini yaitu burung endemik dari indonesia, namun spesies ini waktu ini di kenal untuk burung hias di bermacam negara di seluruhnya dunia.

Ciri-ciri
Burung ini hidup bikin group yang terbagi dalam 5 hingga 10 ekor burung sejenis dan mudah berpindah-pindah area.

Makanan
Makanan alami dari burung gelatik jawa yakni biji-bijian seperti beras atau padi, serangga dan buah.

Reproduksi
Waktu sudah masuk musim kawin, sepasang burung gelatik jawa bisa buat sarang di lubang pohon atau mencari lubang di tebing-tebing. burung ini cenderung menempati sarang yang ditinggal oleh burung lain.

Di dalam satu kali periode bertelur, burung gelatik jawa bisa bertelur beberapa 3, 4 atau 6 butir telur yang berwarna putih. setelah bertelur induk burung gelatik jawa jantan dan betina bisa bertukaran membuat perlindungan telur hingga menetas.

Penangkaran burung gelatik jawa
Pada prinsipnya beternak burung gelatk jawa relatif lebih mudah jika di banding dengan ternak jenis burung berkicau yang lain.

Dari segi usaha, keuntungan beternak burung ini sangat mengundang selera karena tak memerlukan modal yang sangat besar dan biaya perawatannya lalu bisa dimaksud murah. kerap peternak kelas kecil atau menengah berhasil beroleh keuntungan pada jutaan hingga sebagian puluh juta rupiah.

Kunci utama dari penangkaran burung gelatik jawa tak berbeda dengan penangkaran jenis burung berkicau yang lain, yaitu ketekunan.

Dibawah ini yakni sebagian langkah yang bisa anda lakukan apabila ingin menangkarkan burung gelatik jawa, satu diantaranya :

Kandang budidaya
  • Ukuran kandang yang ideal untuk sepasang burung gelatik jawa yakni kandang yang memiliki ukuran 30 cm kali 40 cm.
  • Anda bisa menggunakan kerangka kayu atau besi untuk bahan utama untuk buat kandang, lalu tutup dengan kawat kasa yang memiliki ukuran 1 cm kali 1 cm.
  • Sebaiknya anda menggunakan kawat kasa agar kandang beroleh penyinaran yang baik dari matahari. karena burung gelatik sangat suka mandi maka sinar matahari yang masuk ke di dalam kandang bisa sangat berguna untuk penjemuran setelah burung usai mandi. Anda bisa menggunakan seng, genting, asbes dan tripleks untuk atap kandang. Apabila anda tidak ingin buat kandang sendiri, anda dapat juga beli kandang yang sudah lalu. biasanya kandang yang di jual sudah dilengkapi dengan sarang buatan didalamnya. harga kandang ini cukup terjangkau, yaitu kurang lebih rp 350. 000, - yang di isi 6 kotak dan bisa menaruh kurang lebih 5-10 ekor burung gelatik jawa.

Mempersiapkan indukan

Untuk memulai penangkaran burung gelatik jawa ada beberapa hal yang butuh anda bikin persiapan dengan baik, salah satunya yakni penentuan calon induk.

Penentuan induk yang baik harus ditangani menurut pengetahuan perihal tingkah laku, jenis kelamin, dan umur burung gelatik jawa.

Apabila ingin penangkaran jalan dengan sangat baik dan ingin beroleh indukan yang baik, maka anda juga harus beroleh burung gelatik jawa yang baik juga.

Umumnya burung yang baik itu dapat diperoleh dari penangkar yang sudah sukses. harus di ketahui juga bahwasanya kesuburan, warna, dan tentang yang lain yang berupa genetis di turunkan dari induk ke anaknya sampai dari induk yang baik bakal diperoleh anakan yang baik juga.

Dari induk seperti ini kita sudah beroleh 50% keberhasilan. bekasnya tergantung bagaimana langkah kita merawatnya.

Sinyal tanda indukan yang baik


1. Perangai lincah
Burung gelatik jawa tak dapat sering berdiam diri dan harus aktif bergerak ke sana kemari. apabila ada satu hal yang mendekati sangkarnya automatis burung ini bisa terbang kelabakan.

Yang di khawatirkan dari burung yang diam yakni kemungkinan alami stres atau tengah sakit. tentang seperti ini dapat mengakibatkan fatal pada tidak berhasilnya usaha penangkaran yang tengah ditangani.

2. Bulu teratur rapi dan tak mengkorok

Bulu yang teratur rapi perlihatkan burung ini bersih dan tak tengah alami stres. burung gelatik silver umumnya melindungi bulu dan mengaturnya sesudah mandi. bila bulunya tampak mengkorok mengisyaratkan burung itu tengah menanggung derita sakit.

3. Dubur bersih
Segi dubur harus benar-benar diperhatikan dengan seksama. bersih tidaknya segi dubur perlihatkan kondisi kesehatan dari burung itu sendiri. jangan sampai tetapkan seekor burung dengan dubur yg tidak bersih dan di sekitarnya banyak kotoran.

Tentang ini perlihatkan bahwasanya burung itu menanggung derita masalah dengan pencernakannya. mungkin burung terkena mencret atau infeksi pada usus atau lambungnya. yang di khawatirkan tentang itu bisa alami penurunan pada anakannya.

4. Paruh
Yakinkan burung yang letak paruh pada segi atas dengan segi bawahnya simetris. janganlah pernah dipilih yang cacat, yaitu pada paruh atas dengan bawahnya tak mengatup dengan sempurna. cacat seperti ini dapat berjalan disebabkan perkawinan yang sedarah.

5. Lingkar mata

Lingkar mata juga yaitu diantara tips untuk tahu kesehatan burung. harus diperhatikan bahwasanya warna lingkar mata itu yakni merah jelas tidak cuma pucat. warna pucat perlihatkan kondisi burung yang kurang fit.

Burung yang baik biasanya memiliki lingkar mata yang membulat sempurna dengan ketebalan yang rata. selain itu, lingkar matanya bersih dan halus, tak ada lekukan-lekukan.
 
Top