Header Ads

Merawat Murai Batu Bagi Pemula

Merawat Murai Batu Bagi Pemula

Merawat Murai Batu Bagi Pemula | Ocehan Kenari - Saat pertama kali beli Burung Murai yang perlu di perhatikan yaitu tempat maksud bagaimana nanti burung dapat menyesuaikan dengan lingkungan yang baru, semula burung janganlah di pindahkan dahulu dari sangkar yang lama untuk hindari tingkat stress burung.

Perlakuan itu utama serta butuh dikerjakan karea jika burung di letakkan/dipindahkan ke kandang yang baru terlebih bila kandang itu tetap berbau cat atau vernis bakal benar-benar mengganggu pernapasan burung itu sendiri, adapun yang perlu di perhatikan di supaya burung terus berkicau walau di lingkungan yang baru yaitu diantaranya :

Penempatan Sangkar

Tempat sangkar baiknya terkena cahaya matahari pagi, namun juga terlepas dari terik siang hari serta sangkar itu juga jangan sempat terkena tempias air hujan.

Penempatan sangkar pada burung janganlah terlampau berdekatan, minimum 3m jarak kandang burunguntuk melindungi mental burung lantaran mental burung murai berbeda ada yang kuat mentalnyadan juga sebaliknya. tak hanya jarak kandang pada ke-2 burung murai, bakal tambah baik lagi bila di antara keduanya ada burung type lain yang berkicau supaya keicauan itu bisa ditiru oleh burung murai untuk gabungan kicauannya.
Merawat Murai Batu Bagi Pemula

Nutrisi

Burung Murai juga memerlukan nutrisi yang pas lantaran bila dibanding burung pemakan biji bijian keperluan nutrisi burung murai lebih rumit, serta aspek terutama lagi yaitu kebersihan nya. Untuk pakan yang didapatkan mesti senantiasa fresh, serta mesti ganti pakan teratur tiap-tiap hari dengan pakan yang baru dan bersihkan pakan yang berceceran di lantai kandang untuk menghindar bau busuk dan lain-lain.

Lalu untuk melindungi keadaan badan dengan cara optimal, burung murai juga memerlukan makanan yang beragam. Maksudnya untuk tercapainya keseimbangan antar protein, karbohidrat serta lemak, vitamin serta mineral. Murai juga memerlukan vitamin seperti vitamin A (untuk melindungi kesehatan kulitdan perkembangan bulu), Vitamin B. (Untuk sistem kerja sistem saraf pusat serta keperluan daya), vitamin C. (untukmelindungi murai dari penyakit kulit), serta vitamin D. (untuk menolong melindungi kesuburan reproduksi).

Adapun sebagian type pakan burung yang benar-benar disukai murai diantaranya yaitu :

Kroto (telor semut)

Type makanan ini benar-benar disukai murai namun agak merepotkan untuk beberapa hobyes lantaran mesti menghidangkan menu ini setiap hari mesti terus fresh, bersih serta tak bau (basi). Langkah paling baik pemberian kroto yakni dengan sediakan dalam jumlah terbatas sejumlah 3 kali/hari. Murai yang di beri kroto dengan cara teratur bakal lebih rajin berkicau hingga bikin mental murai semakin bagus dengan bisa berkicau lama namun juga tak terus-terusan di beri makan kroto lantaran bakal susah bertukar bulu walau telah waktunya, ketahanan badan menyusut dan nada kicauannya agak pecah.

Kuning Telur

Kuning telor rebus untuk penambahan protein yang memiliki kandungan asam amino yang diperlukan burung. Langkah penyajiannya Telor di rebus dahulu lalu ditempatkan ditempat makan burung yang terpisah serta yakinkan senantiasa buang bekas pakan telor yang tersisa.

Makanan pokok serta penambahan


Dengan berikan menu makanan penambahan tak lain yakni untuk menolong beberapa hobbies supaya murai tak ketergantungankelak dengan type makanan nonoton seperti kroto serta jangkrik dan telor saja tetapi makanan seperti pellet juga baik diberikan untuk burung supaya agar ketahanan badan semakin bagus serta warna bulu lebih bersih dan bercahaya diluar itu keperluan bakal vitamin, mineral serta nutrisi yang dibutuhkan lebih terjamin.

Air

Untuk murai keperluan pada air sama juga dengan keperluan nakanan, murai air dipakai untuk minum serta mandi karena maka butuh melindungi mutu air. Air minum yang disiapkan mesti berbentuk air masak yang telah dingin serta tiap-tiap hari mesti ditukar serta tempat air minum agar dibikin bersih supaya lunut yang umumnya melekat tercuci bersih.

Memandikan serta Menjemur Murai

Upayakan tempat memandikan murai memakai tempat spesial untuk memudahkan murai berpola saat mandi, serta memudahkan yang memiliki untuk bersihkan kandang serta ganti makanan. Ingat burung yang tengah asik mandi janganlah dipaksa keluar dari tempat mandinya lantaran bakal kurangi area gerak waktu mandi, serta umumnya burung yang belum senang mandinya maka bakal memakai air minumnya untuk mandi.

Jemurlah burunf selesai dimandikan manfaat memperoleh rangsang cahaya matahari terutama pada pagi hari lantaran benar-benar berguna di dalam sistem pembentukan satu mineral, misalnya Kalsium. Karena sinar terang punya pengaruh pada perkembangan, metabolism, reproduksi serta perilaku.
Diberdayakan oleh Blogger.