anis merah

Tips Jitu Menjinakan burung Ocehan Liar | Ocehan Kenari -Bila anda lakukan survey ditempat jual-beli burung di pasar, beberapa besar burung-burung yang diperjualbelikan adalah hasil penangkapan liar di rimba, walaupun terus tetap ada sebagian burung hasil penangkaran burung jadi (dipelihara dari anakan). Burung-burung ocehan yang didapat dari hasil penangkapan liar di rimba condong mempunyai karakter penakut pada manusia, lantaran umumnya tetap terbawa karakter lingkungan bebas sebelum saat burung itu di tangkap, serta pada akhirnya bikin burung itu malas untuk berkicau. Walau sebenarnya satu diantara keindahan dari seekor burung yaitu kicauan merdunya. Nah, burung-burung hasil penangkapan liar di rimba itu mempunyai tanda-tanda seperti berikut :

Tingkah laku burung yang giras
Giras di sini tujuannya aksi burung yg tidak teratasi saat dalam sangkar, seperti : terbang liar ke penjuru sangkar (tidak karuan) atau menabrakkan diri pada sangkar.

Susah berkicau
Keadaan situasi baru dalam sangkar (tak bebas seperti di rimba) bikin burung itu alami tanda-tanda stress, ditandai dengan keengganannya untuk berkicau. Umumnya burung-burung itu cuma berkicau dalam situasi sunyi, saat merasa tak ada beberapa orang lebih kurang yang mencermati.

Tidak ingin makan
Bukan sekedar susah berkicau saja, lebih dari pada itu burung-burung itu juga menentukan dalam hal pakanan. Barangkali hal semacam itu juga jadi satu diantara factor kematian yang kerap dihadapi burung-burung hasil penangkapan liar di rimba.

Di samping semua segi minus dari burung penangkapan liar di rimba, bukan hanya artinya burung-burung itu tak dapat dilatih untuk jadi burung yang master, burung yang lebih jinak seperti hasrat anda. Lantaran pada hakikatnya di alam liar sana burung itu telah terlatih alami dengan sendirinya. Di sinilah dibutuhkan ketelatenan si yang memiliki burung untuk menjaga serta pelihara burung liar itu supaya perasaan nyaman pada sang burung kembali lagi walaupun dalam keadaan lingkungan yang tidak sama (sangkar), hingga diinginkan tingkah laku burung ocehan liar dalam sangkar dapat jadi normal serta tentunya akan berkicau merdu. Tersebut beberapa hal yang perlu anda cermati untuk lakukan sistem penjinakan pada burung penangkapan liar di rimba :

Tempatkan sangkar burung dalam situasi area yang ramai
Hal pertama yang perlu anda kerjakan saat memperoleh burung penangkapan liar di rimba atau yang anda peroleh dari area jual beli burung yaitu simpan burung itu dalam sangkar ditempat yang ramai. Dapat di depan tempat tinggal, atau tempat-tempat sebagai jalur utama beberapa orang melalui. Hal semacam itu mempunyai tujuan untuk membiasakan burung itu dalam keadaan yang baru. Pada prakteknya kelak besar kemungkinan burung itu bakal lakukan tindakan-tindakan liar (tidak karuan) atau jadi hingga mengakibatkan kerusakan badan sendiri. Untuk lakukan penjinakan biarlah hal semacam itu berlangsung. Lantaran bila cemas burung bakal lecet atau sebagainya maka sistem giras sang burung bakal makin lama.

Kerjakan perawatan burung

Setiap pagi serta sore hari kerjakan pemandian pada sang burung, sangkarnya juga dibikin bersih. Dapat dengan anda semprotkan air saat burung tetap dalam kandang, namun lebih bagusnya anda ambillah burung itu lalu anda berikan sedikit untuk sedikit air pada sekujur badannya. Anda kerjakan dengan hati-hati serta senyaman barangkali jangan sempat burung lepas dari tangan anda. Itu adalah sistem penyamanan burung pada lingkungan lebih kurang, supaya burung itu tak merasa terancam.

Pemberian Pakan
Mencari makanan alami kegemaran type burung itu saat di rimba, seperti belalang, jangkrik, ulat, semut atau serangga-serangga yang lain. Janganlah segera anda beri makanan olahan yang umum diperjualbelikan dalam wujud bungkusan itu, lantaran umumnya burung itu tidak ingin makan. Untuk awalannya anda gantungkan sebagian serangga kegemaran burung itu dalam sangkar, lalu anda menjauh dari area untuk menarik sang burung mengonsumsi pakan yang telah disiapkan. Kerjakan hal semacam ini berkali-kali, hingga burung punya kebiasaan dengan pemberian pakan itu hingga burung itu merasa ketergantungan dengan pakan yang disiapkan, nah saat itu barulah anda sendiri yang berusaha untuk menyodorkan pakanannya pada sang burung.

Sejajarkan sangkar burung dengan sangkar burung lainnya
Anda dapat letakkan sangkar burung ocehan liar tersebut di sebandingkan dengan burung peliharaan anda yang lain, supaya kenyamanan burung ocehan liar cepat timbul serta tak merasa sendiri. Atau dapat diimbangi dengan memutar MP3 suara-suara burung yang dapat anda download dari internet sekalian untuk melatih burung ocehan liar itu berkicau.

Demikian beberapa langkah yang dapat anda kerjakan dalam sistem penjinakan burung ocehan liar, lama atau cepatnya burung itu jinak bergantung dari ketelatenan si yang memiliki burung dalam merawatnya.

 
Top