Ocehan Kenari -Anis Sisik atau Punglor Sisik (Common Scaly Thrush), yaitu satu diantara spesies dari demikian banyak type Punglor (Anis), yang ada di Indonesia serta satu diantara dari 39 spesies Zoothera yang ada didunia.

Punglor Sisik ini berhabitat di pegunungan di Sumatra Utara. Corak kelir badan yang mirip sisik ini lah jadikan burung ini dinamakan untuk Anis Sisik atau Punglor Sisik. Hingga dalam bhs Inggris juga dikatakan sebagai Scaly Thrush. Burung ini kerap tampak di pegunungan Sumatra Utara. Suaranya juga tak kalah dari keluarga spesies Zoothera lain, terdengar lembut, mengalun pendek dengan variasi yang baik. Burung ini sering mencari makan di permukaan tanah, mencari binatang kecil yang ada di permukaan tanah ataupun yang ada dibalik susunan tanah teratas.

Habitat burung Zoothera dauma ini umumnya banyak di daerah dekat aliran sungai yang ada air terjun kecilnya. Lantaran burung ini suka pada situasi basah serta dingin. Jika burung ini dibawa ke daerah panas, maka burung ini untuk sesaat saat bakal 'merajuk' atau 'ngambek', dalam arti lain 'macet' tidak ingin keluarkan kicauannya untuk periode waktu yang lama, terkadang dapat mencapai lamanya 6 bln., juga dapat mancapai 1 thn..

Burung Punglor Sisik ini sempat pernah beredar di pasaran , namun lantaran dikira tak dapat bunyi, serta sulit membuatnya berkicau, hingga ditinggalkan oleh beberapa pengagum burung. Walau sebenarnya dengan rawatan yang spesial barangkali saja burung ini dapat jadi satu burung yang istimewa, yang dapat berkicau dengan merdunya, tak kalah dari sepupunya seperti Punglor Kembang atau Punglor Merah.
 
Top