Header Ads

Burung Penjaga : Jalak Suren

jalak suren

 Burung Jalak Suren  | Ocehan-Kenari -Yaitu burung jinak yang diakui dapat jadi penjaga rumah yang handal, burung jalak suren ini sensitif pada kondisi di sekitarnya. Bila ada orang datang Hewan Peliharaan ini bakal bertemura nyaring serta beragam hingga dengan pelihara burung ini rumah bakal senantiasa terjaga tiap-tiap hari.

Jalak suren yang mempunyai bhs ilmiah (latin) Sturnus contra jalla, dapat dimengerti bila beberapa orang sebagai burung ini untuk Hewan Peliharaan. Ada empat argumen orang pelihara jalak suren yakni ;
  1. Untuk melindungi rumah.
  2. Untuk kesenangan.
  3. Jadikan master untuk whamei atau whabi, kecerewetan jalak suren bakal merangsang burung lain untuk keluarkan nyanyiannya, hingga memancing nada burung lain supaya turut berkicau.
  4. Untuk ditangkarkan. Usaha penang-karan dilatarbelakangi oleh kesa-daran pada kelestarian type burung ini serta argumen ekonomis. Jalak suren hasil penangkaran bisa diperjualbelikan dengan harga Rp 350.000 perpasang.
Membedakan Jalak Suren
Jalak suren mulai dewasa pada usia 8-10 bln.. Ciri fisik serta perilaku burung jantan serta betina mulai dapat dibedakan.
jalak suren
Jantan
Mempunyai badan berupa lurus dengan ukuran relatif semakin besar dari betina. Badannya lonjong serta panjang, kepa-lanya semakin besar serta bulat, paruhnya relatif lebih panjang serta kokoh. Bulu kepala, punggung, serta dada berwarna hitam legam serta mengilat.

Warna merah pada kulit diatas mata lebih cerah serta terang. Di bagian yang mempunyai bulu warna putih, di badan sisi bawah, terlihat lebih bersih. Ekornya sedikit lebih panjang serta menyatu. Jari-jari kakinya lebih panjang serta lebih kokoh. Jambul kepalanya lebih panjang serta lebih melebar waktu mengembang.

Betina
Mempunyai wujud badan bulat serta pendek. Warna hitam serta putihnya agak suram. Paruh, jari kaki, serta ekornya lebih pendek serta halus. Kepalanya agak ramping. Warna merah di bagian mukanya lebih pucat di banding burung jantan. Diluar itu, kesibukan serta gerakan burung jantan relatif lebih lincah serta agresif dari yang betina. Nada ocehannya lebih cerewet, beragam, serta lebih keras dari betina.
Diberdayakan oleh Blogger.