Header Ads

Beternak Burung Lovebird



lovebird

Beternak Burung Lovebird | Ocehan Kenari -Sebelum saat beternak yang butuh anda kenali pastinya type kelamin Lovebird yang bakal dikawinkan serta itu tak gampang. Waktu alami kematangan kelamin (seputar setahun) sinyal tanda kelamin baru tampak. Diluar negeri betina lovebird ditandai dengan sifatnya merobek kertas serta memasukkannya ke dalam bulu sedang pejantan tampak menyuapi atau memuntahkan makanan yang telah dilumatnya. Namun tingkah laku ini dapat tak mungkin saja indicator yang akurat.

Dengan cara fisik betina mempunyai area panggul yang semakin besar dari pada lelaki, untuk bertelur, serta karenanya condong jadi terlihat lebih lebar di pinggul. Waktu lakukan perkawinan burung mesti dalam keadaan sempurna ; pertama-tama, mereka mesti diberikan diet yang sehat dengan bermacam menu. Kombinasi pelet yang baik, atau benih berkwalitas tinggi diberikan dengan digabung beragam type sayuran fresh, buah-buahan fresh dalam jumlah spesifik serta biji-bijian yang sehat. Dengan cara umum, tentukan sayuran fresh seperti wortel muda (yang dimasak untuk sedikit supaya beta karoten terus terjaga), kacang panjang, labu kuning atau oranye dengan daging, kacang polong, brokoli, kacang polong, kubis bunga matahari, kacang polong, kecambah biji serta kacang-kacangan (benar-benar baik untuk protein) serta) jagung fresh (bukan hanya kalengan). 

Bila burung malas untuk coba, campurlah sayuran dengan biji bijian untuk menyesuaikan. Sayuran mesti memperoleh porsi paling besar dari diet. Buah-buahan cukup diberikan sesekali. Pakai cuma buah-buahan organik, serta bersihkan dengan baik untuk menyingkirkan kontaminan, pestisida, serta bakteri.

Lovebird janganlah dibiakkan dulu terkecuali mereka sudah berumur setahun, serta dewasa seksual. Banyak Lovebird terkadang berkembang biak waktu tetap belum masak, hingga mereka belum pintar mengasuh anak serta bakal menyebabkan masalah baru.. Bila Lovebird disiapkan pasangan, serta suatu kotak bersarang, mereka bakal selekasnya berjodoh serta selekasnya lakukan perkawinan. Lovebird alami puncak saat perkawinan di bln-bln yang berhawa panas.

Umumnya lovebird membutuhkan kelembapan yang tinggi didalam sarang sepanjang masa mengerami. Sesaat wanita bakal lakukan pekerjaan bangun sarang (material sarang mesti disiapkan), terkadang pejantan bakal menolong. Lovebird membutuhkan kelembapan ekstra sepanjang bunting untuk bikin telur, untuk menanggung perubahan telur yang baik, serta lalu berikan anak- anak mereka dengan cairan serta makanan yang telah dikunyah. Karenanya waktu saat menyuapi air tawar butuh disiapkan, berbarengan dengan buah-buahan serta sayuran fresh semakin banyak dari umumnya. Seluruhnya makanan mesti fresh : bersihkan bekas makanan yang basi untuk hindari infeksi bakteri. tanyakan dengan peternak, toko hewan peliharaan, atau dokter hewan anda tentang suplemen vitamin serta mineral, seperti garam mineral serta tulang sotong ekstra untuk semakin banyak kalsium.

Untuk penetasan serta perkembangan anak lovebird, pastikan alas sarang yang bersih dari hama. Dapat dengan daun-daun palem yang di rendam serta dicuci bersih, atau rumput hijau fresh yang dipotong-potong lebih kurang 12 cm. hal semacam ini untuk memudahkan lovebird membawanya masuk ke kotak sarang. Bergantung pada type Lovebird Anda menentukan untuk berkembang biak, betina bakal membawa materi sarang ke sarang dengan beragam langkah. Lovebird Peach umpamanya, memakai bahan bersarang dengan bulu ekor mereka sesaat lovebird Green Masked membawa bahan bersarang dengan paruh mereka. 

 lovebird
Kotak sarang mesti mempunyai area cukup untuk anak-anak burung terlebih sesudah menetas. Bahan alas sarang juga mesti disiapkan cadangan lantaran barangkali saja diperlukan penambahan untuk penghangat. Sesudah lovebird mulai bangun sarang, kawin bakal berlangsung. Perkawinan bakal berlangsung berulang lagi serta telur bakal nampak 3-5 hari lalu. Betina bakal menggunakan berjam-jam didalam kotak sarang sebelum saat telur ditempatkan. Waktu itu janganlah sedikitpun diganggu. Sesudah telur pertama ditempatkan, telur selanjutnya bakal menyusul tiap-tiap dua hari hingga usai umumnya 4-6 telur. Induk betina bakal mengerami telur sepanjang 21-23 hari, serta umumnya bakal memperoleh perhatian yang kian lebih pejantan. Pas sebelum saat menetas, anak-anak lovebird bakal bikin celah atau lubang kecil yang dimaksud lubang pip. Hal semacam ini sangat mungkin mereka untuk mulai bernapas hirup oksigen. ini dapat jadi indikasi bahwasanya mereka bakal menetas prima 12-24 jam lalu.

Sesudah menetas jauhi menyentuh lovebird lantaran mereka benar-benar rapuh. Induk lovebird bakal berikan makan serta menjaga mereka. Penyusuan pertama ini benar-benar utama : si ibu bakal memasok anak-anaknya dengan muntahan diisi cairan bergizi yang memiliki kandungan enzim pencernaan. bila anda mengambil seekor anak lovebird untuk disuap malah bakal mengakibatkan induk malas kembali menyuapi anak-anaknya. Bila Anda tak memiliki pengalaman di tangan makan, janganlah sempat berusaha untuk berikan makan anak burung dengan tangan. 

Sebagian peternak memiliki pengalaman menentukan untuk memakai sendok makan, sesaat yang lain memakai pipet. Beberapa kecil anak bakal menampik untuk pertamakalinya. Apa pun cara yang Anda tentukan, ambillah hati-hati serta bersiaplah untuk bekerja ekstra bila telah terlanjur menyentuh anak lovebird. Bila Anda berkemauan berhubungan dengan bayi lovebird yakinkan tak mengganggu ibunya. Ambillah seluruhnya anak-anak lovebird dengan cara berbarengan serta tempatkan di tangan Anda sepanjang sebagian menit. pakai handuk hangat untuk alas. Kerjakan tak jauh dari kandang hingga, sangat mungkin induk mengawasi anak anaknya. Bayi lovebird gampang kedinginan serta lemah bila mereka jauh dari ibu mereka terlampau lama. Saat bayi mulai dewasa, saat penanganan bisa ditingkatkan hingga 15 menit, tiga kali satu hari. Cara ini membuahkan anak burung yang jinak, serta menghemat saat.

Sesudah berusia 4 minggu beberapa anak-anak burung lovebird tumbuh bulu serta mulai menjelajahi kandang, meninggalkan sarang lebih lama serta berlatih terbang, mendaki, serta menjelajahi benda serta mainan didalam kandang. Sang ibu bakal mendorong mereka untuk makan sendiri sampai usai sapih, yang berlangsung pada seputar 8 minggu. Lovebird jantan juga menolong mengajari anaknya untuk makan makanan umum. burung muda mesti selekasnya dipindahkan sesudah mereka seluruhnya mandiri. Dengan cara perasaanah induk betina juga berupaya mendorong anak-anak burung pergi saat mereka cukup dewasa. Oleh karenanya, mereka mesti dipindahkan atau ibu bisa membahayakan mereka. Istirahatkan sekian hari untuk pasangan lovebird yang usai membuahkan anak. Siapkan jeda saat untuk keluarkan kotak bersarang, bersihkan serta mensterilkannya. Lovebird bakal membuahkan anak burung yang sehat serta sedikit persoalan bila diternakkan cuma sekali satu tahun.
Diberdayakan oleh Blogger.