Cara Jitu Pencegahan dan Pengobatan Kutu Burung Ocehan

Cara Jitu Pencegahan dan Pengobatan Kutu Burung Ocehan | Ocehan Kenari -Kutu pada burung dapat mengakibatkan kesehatan burung tak optimal (lantaran senantiasa pengin garuk-garuk ), diluar itu dapat juga mengakibatkan bulu burung rusak. Sesungguhnya banyak panduan yang telah ditulis oleh penghobi burung di beragam media lainnya. Disini saya cuma bakal menggaris bawahi serta mengutamakan pentingnya pencegahan, yang biasanya kurang di perhatikan.

Diantara penghobi burung ada yang merekomendasikan dipakai zat non-kimia, ada yang merekomendasikan gunakan obat (kimia) merk spesifik untuk penyembuhan. Jika pengobatan tidak tepat maka dapat menyebabkan burung ocehan menjadi stress ( baca juga : Tanda Burung Ocehan Stress dan Pencegahannya ). Permasalahan penyembuhan memanglah butuh dibicarakan, namun pertama-tama yang mau saya berikan yaitu bagaimanakah menghindar supaya burung tak kutuan, disambung dengan permasalahan penyembuhan.

Pencegahan :


1. Yakinkan bahwa seluruhnya burung yang Anda punyai bebas kutu. Bila beli burung baru, yakinkan semprot dengan larutan anti-kutu saat sebelum digabung/dekatkan dengan burung lain. Ditambah lagi, janganlah segera dimasukkan ke karamba umum (karamba yang digunakan bareng bertukaran dengan burung yang lain dirumah Anda). Bila memanglah kutuan, air sisa mandi burung itu pasti meninggalkan telor/kutu yang dapat menular ke burung lain yang juga dimandikan di karamba itu terakhir.

Bila diperlukan siapkan saja karamba spesial burung baru serta yang dapat dipinjam rekan saat rekan itu main ke rumah Anda untuk sebatas ngetrek bareng.

Bila memanglah tak ada atau cuma ada satu, jadi bersihkan sebersih mungkin saja serta semprot karamba yang habis dipakai oleh burung rekan/burung baru itu dengan obat anti kutu.

2. Sama juga dengan permasalahan karamba, juga permasalahan kerodong. Janganlah sama-sama ganti kerodong dengan kerodong “burung asing”. Bila bisa kerodong dari rekan, yakinkan juga dicuci bersih serta diobat anti kutu.

3. Janganlah minta voer/kroto/buah dan lain-lain segera dari wadah pakan burung punya rekan/orang lain.

Kerapkali kita membawa burung serta kebetulan voer-nya tumpah, serta umumnya kita minta barang sedikit ke rekan serta segera diambil-bagi dari wadah pakan burung rekan kita. Ini dapat mungkin jadi media penularan kutu (telor kutu), terlebih bila wadah voer punya rekan tidak sering dicuci/dibikin bersih serta cuma main “tiup serta ubah voer”.

Secara singkat, jauhi seluruhnya benda yang mungkin membawa kutu serta telornya dari luar ke burung Anda.

4. Teratur bersihkan kandang, setiap hari sekali atau sepekan sekali saat burung Anda dimandikan di karamba. Untuk burung yang non-karamba, ya upayakan sedemikian rupa hingga senantiasa bersih serta bebas kutu. Bersihkan dengan sabun antiseptik atau juga semprot berkala dengan antikutu.

5. Jemur. Penjemuran, terkecuali berguna untuk burung, dapat juga meminimalisasi pengembangbiakkan jamur serta kutu diluar badan burung.

6. Jauhi keadaan lembab untuk lingkungan burung. Dalam soal sangkar umpamanya, bila dalam keadaan basah janganlah segera dimasukkan ke rumah. Keringkan, serta bila butuh Anda mempunyai hairdryer spesial sangkar/peralatan untuk burung. Hairdryer bakal sangatlah bermafaat bila kita tak pernah menanti keringnya sangkar dengan cara alamiah (cahaya matahari) walau sebenarnya ketika yang sama sangkar (serta burungnya) mesti selekasnya masuk rumah.

7. Kerjakan penyemprotan teratur dengan obat kutu atau antiseptik ke benda-benda yang terkait dengan burung serta lantai jemurnya (bila kerap letakkan burung di lantai) dsb.

Cara Jitu Pencegahan dan Pengobatan Kutu Burung Ocehan
Jika sudah parah bisa sampai pada kematian

Pengobatan :

Saat sebelum lakukan penyembuhan, yakinkan burung dalam keadaan sehat dengan cara umum. Janganlah lakukan penyembuhan anti-kutu saat burung sakit pilek dsb lantaran ketika itu ketahanan burung tengah lemah. Dalam keadaan ini, bila burung didera obat anti kutu dia bakal gampang ngedrop lantaran obat itu minimum memiliki kandungan insektisida type spesifik yang dapat “memabukkan” burung.

Dari Pengalaman pehobis waktu menyembuhkan kutu di kepala burung ocehan, Anda dapat pilih obat kimia/anti septik untuk manusia dengan pertimbangan jika pakai yang herbal kok lama serta mesti telaten.

Langkah pengobatannya:

1. Campur 1/2 tutup botol antiseptik cair dengan satu liter air bersih. kocok hingga tercampur dengan sempurna.Anda bisa pakai antiseptik untuk manusia, dengan pertimbangan untuk manusia aman pasti aman juga untuk hewan.

2. Umumnya penyemprotan dapat kerjakan malam hari dengan pertimbangan umpamanya burung tsb terasa kepanasan agar terbantu dengan udara malam yang dingin.

3. Biarlah semalaman dalam keadaan kuyup serta janganlah diberi minum atau makan saat sebelum bulunya benar kering lantaran takut tercampur air antiseptik waktu bulu dikibaskan oleh burung tsb.

4. Pembilasan dikerjakan ke esokan harinya (sediakan cepukan untuk mandi, biarkan mandi dan berendam sendiri ),setelah itu buang airnya dan ganti air minumnya.

5. Akhirnya mungkin saja bergantung pada seberapa kronis serangan kutu pada kondisi masing masing burung.

6. Janganlah kaget ya jika bulunya jadi agak kusam. ini mungkin saja lantaran pmbilasannya saja yang kurang bersih. sama saja jika kita mandi sabunan jika tidak bersih ya jadinya belang-belang. 

Demikian ulasan singkat tentang Cara Jitu Pencegahan dan Pengobatan Kutu Burung Ocehan, semoga bermanfaat.

 
Top