Cara Jitu Perawatan Pleci Lombok
Cara Jitu Perawatan Pleci Lombok | Ocehan Kenari - Pleci lombok (Zosterops chloris maxi) adalah sebutan lain untuk burung pleci kuning dari Lombok. Menurut pengalaman beberapa plecimania, perawatan pleci lombok memerlukan waktu serta kesabaran sendiri supaya burung rajin berkicau dengan kencang. Kunci intinya pada ketekunan perawatan serta konsumsi pakan memiliki nutrisi sehari-harinya.

Salah satu segi paling utama dalam perawatan pleci lombok/kecial lombok yaitu pemberian pakan berupa buah, Jenis buah yang disukai pleci bisa anda baca disini, Selain buah nektar juga baik untuk perkembangan pleci.

Pemberian nektar buatan seperti air gula berperan juga sebagai sumber tenaga. Hal semacam ini direferensikan banyak penangkar serta pengagum pleci di beberapa negara, terutama di Asia Tenggara.

Komposisi yang pas dalam pembuatan air gula bakal membuahkan kandungan yang serupa dengan kandungan nektar pada bunga tanaman. 
di alam pleci juga suka nektar

Air gula merah juga sebagai selingan
Juga sebagai selingan, supaya burung tak jemu, sesekali Anda dapat juga memberikannya larutan air gula merah, cukup 2 x satu minggu. Tetapi bila mau bikin larutan gula merah, yakinkan bahan asal gula itu datang dari gula aren atau kelapa, yg tidak tercampur bahan kimia beresiko seperti zat pengawet, zat pewarna, atau bahan pemanis.

Sistem pembuatannya, gula merah dicampurkan di air panas. Dosisnya ditata supaya tidak terlampau kental, karena bakal menyusahkan burung dalam meminumnya. Idealnya, sepotong gula merah dicampurkan dalam 2 gelas air panas.

Sesudah dingin, dapat diberikan pada burung. Terkecuali berguna juga sebagai sumber daya, nektar buatan dari air gula merah dapat menolong menghindar pleci dari kemungkinan terkena penyakit.

Seperti di ketahui, larutan gula merah mempunyai kandungan gizi cukup komplit, dari mulai garam, thiamin (vitamin B1), riboflavin (vitamin B2), asam nikotin (vitamin B3), piridoksin (vitamin B6), cyanocobalamin (vitamin B12), asam askorbat (vitamin C), dsb.

Kandungan gizi itu bakal menguatkan aspek antipatogenik atau umum dimaksud dengan aspek pertahanan badan. Faedah yang lain, gula aren mempunyai manfaat mengontrol serta bersihkan saluran pencernaan, dari mulai kerongkongan sampai lambung. Riboflavin dalam gula aren berperan untuk memperlancar metabolisme serta memaksimalkan manfaat sel, hingga stamina burung terus terbangun.

Pemberian pakan untuk kecial lombok

Terkecuali pemberian nektar buatan, baik dari larutan gula pasir serta/atau gula merah, aspek lain yang menyebabkan kesuksesan dalam perawatan kecial lombok yaitu pemberian pakan yang pas dalam perawatan hariannya.

Pakan yang didapatkan diantaranya kroto dengan jumlah seperlunya/sedikit saja. Kroto diberikan tiap-tiap pagi. Kemudian, dapat dilanjut dengan pemberian 2-3 ekor ulat hongkong berwarna putih. Adapun buah-buahan dapat diberikan dalam ukuran kecil saja, umpamanya 1/3 atau 1/4. Janganlah lupa segi perawatan yang lain seperti mandi serta jemur.

Pemasteran Pleci lombok

Perawatan lain yang cukup utama supaya kecial lombok cepat rajin berbunyi yaitu pemasteran. Dalam soal ini, pemasteran dapat dikerjakan kurun waktu 1, 5 – 2 jam, supaya burung burung cepat kuasai lagu-lagu barunya, yang bakal berimbas pada semakin rajinnya dia berkicau lantaran sudah mempunyai playlist nada masteran yang lebih komplit.

Bila Anda mempunyai kian lebih seekor kecial lombok, upayakan penggantungannya dikerjakan dalam jarak yang berjauhan, hingga burung tak sama-sama lihat keduanya. Bila terus-terusan lihat burung sejenisnya, kecial lombok jadi malas berkicau.

Dengan perawatan yang teratur, telaten, serta sabar, percayalah kecial lombok Anda bakal tunjukkan pergantian, baik dari sisi mental, kwalitas kicauannya, serta yang terutama rajin berkicau dengan volume kencang.

 
Top