Tips Memilih Jalak Suren


Tips Memilih Jalak Suren | Ocehan Kenari -Prasyarat utama menentukan bakalan adalah mencari burung yang sehat. Kesehatan burung bisa dipandang dari gerakannya yang lincah, bulu sayap tak mengembang, serta burung tak senantiasa diam didugar. Ciri spesial untuk bakalan yang bagus bisa dibagi jadi bebrapa dipandang dari wujud fisik maupun dari nada.

Suara
Nada dari burung jalak uren yang baik yaitu nada yang kerap di mengeluarkan burung itu, serta suaranya itu nyaring serta lantang.

Ukuran serta wujud badan
Ukuran serta wujud badan jalak di untuk dua, yakni ukuran tanggung serta ukuran besar. Ini bisa tidak sama bergantung dari keturunan indukannya serta kemampuan makan dari sejak burung tersebut di loloh atau di suapi pada saat tetap kecil. Wujud badan jalak uren yang baik yaitu wujud burung yang tegap, tak loyo serta dada yang kedepan. Tetapi janganlah terkecoh dengan tubuh yang besar dibagian dada, lantaran mungkin itu sejenis penyakit burung yang keunggulan lemak. Lantaran ini bakal mengganggu sistem reproduksi burung itu.

Tips Memilih Jalak Suren

Bulu
Bulu jalak uren yang baik yaitu bulu yang utuh disetiap badan, leher serta terlebih di bagian sayap. S ehingga burung itu tak terlihat brondol atau gundul. Tetapi burung jalak uren yang sudah alami saat perubahan bulu, itu juga tak dapat jadi patokan bergantung perubahan bulunya itu di bagian mana, umpamanya di semua sisi badan tampak gundul, maka perlu saat yang agak lama untuk memulihkan keadaan bulu burung itu.

Kaki
Burung yang baik mempunyai kaki yang bersih, dengan kata lain tak mengapal atau banyak sisiknya. Burung yang sudah usia seputar 1, 5 th. maka warna kakinya condong putih bersih serta terlihat fresh, tetapi untuk burung yang muda atau piyikan hingga dewasa hingga umur1 th. kakinya tetap ada serat warna hitam serta ukuran kaki juga tetap condong kecil. Untuk burung yang sudah tua, kakinya besar, warna putih tetapi tak bersih, serta mulai nampak kapal atau sisik kasar pada kakinya.

Mata
Sisi seputar mata dari jalak uren yang lumrah yaitu kuning agak keputih-putihan, tetapi apabila burung itu terus-terusan di jemur bakal jadikan seputar mata berwarna kuning sekali mendekati warna oranye (orange).
Membedakan jalak Jantan serta Betina

Dari awali keluar dari telur, sesungguhnya jalak uren itu telah berikan sinyal tanda bahwasanya dia jantan atau betina. Yakni, besar kemungkinan dari tetasan jalak uren dari telur yang pertama kali yaitu jantan, tetapi setelah itu dapat jantan atau betina. Dari kecil juga, besarnya ukuran kepala juga adalah sinyal, yakni piyikan yang kepalanya semakin besar itu besar kemungkinan jantan serta yang kecil itu betina. Dari nada Jalak jantan lebih keras serta lantang tetapi bertemura pendek, serta yang betina lebih pelan suaranya tetapi panjang. Apabila Jalak uren sudah berumur lebih kurang setahun, dia bakal tunjukkan sinyal tanda pada anus yang berwarna kebiru-biruan yaitu jantan, serta yang berwarna putih agak merah itu betina
 
Top