Faedah Mandi Pasir Untuk Burung Murai Batu Mabung  | Ocehan Kenari -Murai batu yang tengah alami waktu mabung, memanglah membutuhkan kondisi yang kondusif (tenang) dalam lingkungan sekitarnya. Kondisi yang kondusif itu dapat terwujud seperti pada keadaan di alam liar di mana habitat asli dari murai batu itu. Walau demikian, kerap kita dengar masalah di mana banyak pehobis yang tak akan mempunyai tempat yang luas untuk bikin miniatur alam liar.

kandang murai batu mabung
kandang murai batu mabung

Faedah Mandi Pasir Untuk Burung Murai Batu Mabung 
Mandi pasir adalah rutinitas burung yang dikerjakan di alam liar, seperti pada burung murai batu. Mandi pasir berguna untuk menguatkan bulu, bikin bulu mulus, bercahaya setelah molting atau ngurak dengan kata lain mabung. Diluar itu mandi pasir juga diduga dapat bikin usia burung jadi lebih panjang. Serta banyak faedah yang lain yang dapat anda peroleh dari mandi pasir. 

Nah, untuk anda yang mempunyai burung murai batu, barangkali panduan simpel ini dapat anda cobalah waktu burung murai batu mabung. 
  • Buat suatu miniatur alam liar dalam sangkar harian murai batu. Buat dengan ukuran 60x60cm dengan tinggi kurang lebih 80cm. 
  • Isilah sangkar harian itu dengan pasir dan kerikil. Beri juga tempat air untuk mandi dan minum burung murai batu. 
  • Beri juga batu apung ditempat murai batu bersantai waktu selesai mandi. 
  • Letakkan pakan di dekat tenggeran yang terbuat dari ranting pohon yang tetap ada daunnya, supaya berkesan alami. 
  • Sesudah seluruhnya usai, pindahkan burung murai batu yang mabung ke sangkar harian itu serta biarlah sampai burung usai mabung serta tunggu akhirnya.
 
Top