Jenis Burung yang Populer di Indonesia | Ocehan Kenari - Jenis dan type burung demikian beragam, dimulai dari burung kolibri yang kecil mungil sampai burung unta, yang lebih tinggi dari orang. Diprediksikan ada seputar 8. 800 – 10. 200 spesies burung di semua dunia ; sekitar 1.500 type salah satunya ditemukan di Indonesia. Beragam type burung ini dengan cara ilmiah digolongkan ke dalam kelas Aves. Umumnya burung mesti makan makanan sedikitnya 1/2 dari berat tubuh mereka tiap-tiap hari.

 1. Cucak ijo.


Walau nama umum yaitu cucak hijau atau cucak ijo, tetapi type burung kicau ini tidaklah keluarga merbah atau cucak-cucakan. Burung cucak hijau sekalipun bukan hanya satu suku dengan cucakrowo atau cucak jawa umpamanya.

Yang umum kita sebut cucak hijau ini mempunyai nama ilmiah Chloropsis sonnerati. Dia yaitu burung cica-daun besar dengan semua tubuh menguasai dengan warna hijau. Chloropsis sonnerati terhitung ke dalam suku Chloropseidae, berkerabat dekat dengan burung cipoh (Aegithina spp.). Dalam bhs Inggris burung ini di kenal untuk Greater Green Leafbird.

9. Kacer.


Mempunyai burung kacer mbagong atau mbedesi memanglah momok untuk pemain. Bagaimana tidak, apabila tengah asik dipertunjukkan, ngerol serta nembak, ekornya ngebyak-ngebyak, tiba-tiba dadanya membusung, mekrok. Burung pada akhirnya tidak bisa nilai yang bagus. Sang yang memiliki juga pada akhirnya down lihat jagoannya bagong. Bagaimana sih sebenarya kacer mbagong itu?
8. Cendet/pentet.


Burung Cendet/Burung Pentet adalah satu diantara type burung kicau predator yang mempunyai nada variasi isian yang benar-benar baik. Banyak beberapa pemgemar burung kicau yang berasumsi perawatan burung type kicau ini sulit.

Jenis nada Cendet yang ngerol, condong menguasai nada ocehan burung yang lain bila kita gantang didalam rumah berbarengan. Di banding burung lain, Cendet yang dapat mempunyai lagu variatif (bergantung pola pemasterannya) ini, mempunyai warna nada yang merdu. Walau dapat benar-benar keras, namun tak memekakkan telinga. Lain dengan warna nada burung-burung kicauan yang lain.

7. Murai Batu.

 
Jenis burung ini yang paling terkenal adalah murai batu medan, karena asal muasalnya dari medan, walaupun banyak ditemukan murai batu aceh, dan murai import.

6. Crucuk.


Merbah cerukcuk yaitu sejenis type burung kicau dari suku Pycnonotidae. Orang Sunda menyebutnya cerukcuk atau jogjog, orang Jawa menyebutkan terucuk atau cerocokan, ikuti bunyi suaranya yang khas. Dalam bhs Inggris dimaksud Yellow-vented Bulbul. Burungr yang memiliki ukuran tengah, panjang badan keseluruhan (diukur dari ujung paruh sampai ujung ekor) seputar 20 cm.

Segi atas badan (punggung, ekor) berwarna coklat kelabu gelap, segi bawah (tenggorokan, dada serta perut) putih kusam. Mahkota kehitaman, alis serta seputar mata putih, dengan kekang (garis di depan mata) hitam. Segi lambung dengan coretan-coretan coklat, serta penutup pantat berwarna kuning. Irislah mata berwarna coklat, paruh hitam serta kaki abu-abu merah jambu.

5. Jalak Suren.


Jalak (Ingg. starling) yaitu nama sekumpulan type burung kicau dari suku Sturnidae. Burung yang biasanya memiliki ukuran tengah (seputar 20-25 cm), gagah, dengan paruh yang kuat, tajam serta lurus. Berkaki panjang sepadan dengan badannya. Bertemura ribut, serta berceloteh keras, terkadang mengikuti nada burung yang lain. Di alam, burung ini umumnya bersarang di lubang-lubang pohon.

Burung jalak relatif gampang dijinakkan. Dalam kandang burung ini benar-benar aktif bergerak serta berkicau. Karenanya pengagum burung kicau pelihara burung ini untuk melatih type burung kicau lain.

4. Tekukur.

Tekukur Umum yaitu type burung kicau yang memiliki ukuran tengah (30 cm). Warnanya coklat kemerahjambuan. Ekor burung ini terlihat panjang. Bulu ekor terluar dengan pinggir putih tidak tipis. Bulu sayap lebih gelap di banding badan. Ada bercak-bercak hitam putih khas pada leher. Irislah jingga, paruh hitam, kaki merah. Hidup dekat dengan manusia. Mencari makan di permukaan tanah. Kerap duduk berpasangan ditempat terbuka. Apabila terganggu terbang rendah di permukaan tanah, dengan kepakan sayap pelan. ang memiliki paruh, berdarah panas, serta bereproduksi lewat cara bertelur.

3. Perkutut


Merbuk atau perkutut (Geopelia striata, familia Columbidae) yaitu type burung kicau yang memiliki ukuran kecil, berwarna abu-abu yang banyak dipelihara orang lantaran keindahan suaranya. Dalam kebiasaan Indonesia, terlebih Jawa, burung ini benar-benar di kenal serta disukai, juga agak lebih " dimuliakan " dibanding dengan burung peliharaan yang lain. Perkutut tetap berkerabat dekat dengan tekukur, puter, serta merpati.

2. Cucak Jenggot.

Cucak jenggot monalisa mempunyai keunggulan dengan menggunakan cuma satu tangkringan serta duduk tiada loncat. Yang bikin beberapa pengemar burung terpukau dengan burung cucak jenggot ini yaitu kegacorannya tiap-tiap awal digantang hingga penilaian selesai. Dia bakal segera bunyi tiada ngetem dengan membawakan lagu gereja tarung. Ini yaitu satu diantara keunggulan Monalisa dibanding dengan cucak jenggot yang lain.

1. Tledekan Gunung.


Burung ledekan memiliki panjang tubuh berkisar pada 8 s/d 20 cm. Membedakan Type kelamin pada burung ini dengan pola warna yang kontras pada tledekan yang berkelamin jantan dibanding dengan burung tledekan betina.

Misal pada Species Tledekan Gunung Warna Pejantan pada Type Niltava ini belakang biru tua serta satu biru cerah di kepala, ada kedok hitam seputar mata mata, satu jakun hitam, serta ada warna jeruk bercahaya perutnya, sebagian genus seperti vivid niltava berwarna ungu kebiruan, biru putih (barangkali kerap kita kenal untuk tledekan laut) Warna pada type Betina yaitu coklat zaitun dengan coklat muda di perut, serta warna betina muda yaitu coklat cerah dengan agak keputih-putihan.
 
Top