Header Ads

Meningkatkan Stamina Ciblek dengan Mengkudu


Meningkatkan Stamina Ciblek dengan Mengkudu

Meningkatkan Stamina Ciblek dengan Mengkudu | Ocehan Kenari -Pemberian buah spesifik dapat bikin burung kicauan mempunyai stamina bagus hingga rajin berkicau. Salah satu type buah yang tengah ramai dibicarakan yaitu mengkudu, terlebih untuk burung ciblek. Ya, buah mengkudu bisa mendongkrak stamina burung ciblek.

Dalam sebagian minggu paling akhir ini, dunia kicaumania kembali di ramaikan dengan dampak buah mengkudu yang dipercaya dapat menaikkan stamina burung ciblek, terlebih untuk burung yang kerap dilombakan.

Buah mengkudu atau cangkudu (bhs Sunda) ; kemudu/kudu (Jawa) ; kodhuk (Madura) ; tibah (Bali), yaitu type tanaman obat yang termasuk juga anggota keluarga Rubiaceae. Tanaman yang dapat meraih tinggi 3-8 mtr. ini banyak tumbuh di dataran rendah sampai ketinggian 1. 500 mtr. dari permukaan laut (dpl).

Buahnya adalah buah majemuk. Bila masih tetap muda, warnanya hijau mengkilap dengan totol-totol. Bila telah tua bakal beralih warna jadi putih berbintik hitam.

Buah mengkudu mempunyai sebagian manfaat, umpamanya tingkatkan ketahanan badan, menangani peradangan serta antialergi, membunuh bakteri pemicu infeksi, serta tingkatkan efisiensi metabolisme badan. Khasiat-khasiat ini tak lepas dari kandungan nutrisi yang ada didalam buahnya.

Meningkatkan Stamina Ciblek dengan Mengkudu

Saat sebelum popular diberikan pada burung kicauan seperti ciblek, buah mengkudu telah kerap dipakai juga sebagai salah satu bahan penyusun ransum unggas. Beberapa pengagum burung juga yakini pemberian buah mengkudu pada burung ciblek dapat menaikkan stamina hingga ciblek tak pernah gembos waktu dilombakan.

Di bawah ini cara pemrosesan buah mengkudu untuk burung ciblek dirumah :
  • Buah mengkudu diambil yang telah masak atau jatuh dari pohonnya.
  • Buah dibikin bersih dengan air bersih.
  • Masukkan buah mengkudu ke panci yang telah di isi air bersih, lantas rebus sampai masak.
  • Sesudah buah terlihat lembek serta menyatu dengan air, angkat serta saring air rebusan mengkudu memakai saringan.
  • Sesudah dingin, air rebusan buah mengkudu siap diberikan pada burung ciblek.
Harus di perhatikan, baiknya pemberian air rebusan mengkudu tak menukar air bersih juga sebagai air minumnya. Diluar itu, therapy air mengkudu diberikan sekedarnya saja, atau sekian kali dalam satu minggu.
Diberdayakan oleh Blogger.