Cara Membuat Tepung Kuning Telur untuk Kenari

Cara Membuat Tepung Kuning Telur untuk Kenari | Ocehan Kenari -Telur terdiri atas tiga sisi paling utama, yakni putih telur (albumin), kuning telur (yolk), serta kerabang (kulit telur). Bila putih telur cuma memiliki kandungan protein saja, jadi kuning telur memiliki kandungan protein, lemak, cholesterol, vitamin (A, E,D, K), serta mineral.  

Dapat diterka, tingginya nilai nutrisi/gizi pada telur terlebih disokong oleh kandungan gizi di bagian kuning telur, baik telur ayam, telur itik, ataupun telur puyuh. 

Bila maksud intinya cuma untuk pembentukan otot, jadi putih telur lebih disarankan. Beberapa binaragawan/body builder juga umumnya cuma konsumsi putih telur, tanpa ada kuning telur. Tetapi bila mau memperoleh gizi yang komplit, jadi kuning telur lebih disarankan, atau dapat pula putih serta kuning telur sekalian. 

Kuning telur juga baik untuk burung kicauan, lantaran bukanlah sebatas memiliki kandungan protein, namun juga zat gizi yang lain seperti lemak, dan beragam type vitamin serta mineral. Pasti konsumsinya janganlah terlalu berlebih, lantaran kuning telur juga memiliki kandungan lemak serta cholesterol. 

Kuning telur dapat di buat tepung, serta jadikan pakan alternatif untuk burung kicauan. Tepung kuning telur dapat juga dipakai juga sebagai pengganti kroto, terlebih saat berlangsung kelangkaan stock di pasaran burung. 

Tepung kuning telur dapat bertahan lebih lama serta tak gampang basi, dan dapat digabung dalam beragam type pakan burung, seperti pakan bijian serta voer. Tepung kuning telur juga tak mengundang hadirnya semut. 

Cara Pembuatan Tepung Kuning Telur 

Di bawah ini sistem pembuatan tepung kuning telur untuk pakan burung kicauan Anda : 
  • Ambillah sebagian butir telur (bisa telur ayam/bebek/puyuh), lantas di rebus di air mendidih. 
  • Sesudah masak, telur diangkat serta ditiriskan, lalu didiamkan sampai dingin. 
Cara Membuat Tepung Kuning Telur untuk Kenari
  • Potong telur jadi dua sisi, lalu ambillah kuning telurnya saja. Tempatkan dalam mangkok atau piring. 
  • Dengan pertolongan sendok, kuning telur dilumat-lumat sampai jadi bubuk. 
  • Siapkan alumunium foil. Tempatkan bubuk kuning telur diatas alumunium foil, lalu bungkus serta tutup dengan cara rapi. 
Cara Membuat Tepung Kuning Telur untuk Kenari
  • Masukkan bubuk kuning telur yang sudah dilapis alumunium foil itu ke oven. Panggang sepanjang 10-15 menit, atau hingga bubuk jadi kering. Untuk menghindar supaya tidak hangus, bungkus alumunium foil dibolak-balik tiap-tiap sebagian menit sekali. 
  • Sesudah jadi kering, bubuk kuning telur bakal beralih jadi tepung. Bila dipegang akan tidak merasa lengket/berminyak. 
  • Bila telah dingin, tepung kuning telur dapat segera diberikan pada burung kicauan. Bekasnya dapat disimpan dalam wadah/toples untuk dipakai setiap saat. 
Pembuatan tepung kuning telur bakal mempermudah kita untuk memberi pakan penambahan untuk burung kicauan, baik diberikan dalam cepuk pakan terpisah, atau digabung dengan type pakan yang lain.
 
Top