Perawatan Kenari Saat Sakit | Ocehan Kenari -Seperti hewan yang lain Kenari juga memerlukan perawatan supaya tak terkena penyakit serta mati. Kenari terhitung burung yang pintar menyembunyikan sakitnya…. Barangkali naluri alamnya tetap berperan, supaya tak jadi mangsa binatang buas maka kenari mesti mempelihatkan keadaan fisik yang sempurna. Kenari bakal menghindar tampak sakit saat kenari merasa terancam …..


Kenari bakal tampak sakit bila penyakitnya telah cukup kronis hingga kenari tak dapat menyembunyikan lagi keadaan fisik sebenarnya…. Walau sebenarnya pengobatan kenari yang bagus pada waktu sakitnya tetap mudah (belum kronis). Dipasaran obat ataupun multivitamin spesial kenari tetap cukup susah ditemukan, cuma ada di tempat-tempat tertentu…. jadi sebelum saat kenari sakit kronis kita mesti tahu tanda-tanda awal kenari sakit. Adapun ciri-cirinya :

1. Bulu tampak kusam, kotor serta tak mengkilap

2. Sorot mata sayu terkadang sukai memejamkan mata seperti tidur

3. Bulu-bulu lebih kurang kepala serta leher tampak merinding

Bila Anda lihat tanda-tanda seperti di atas maka upayakan tanggulangi secepatnya dengan berikan obat yang seperti dengan penyakitnya, atau bila deket dengan dokter hewan dapat segera dibawa ke dokter hewan. Sesudah kenari di beri obat tahap selanjutnya yakni :

1. Berikan kehangatan

Kenari yang tengah sakit fisiknya lemah hingga memerlukan lingkungan yang nyaman untuk menjaga keadaan fisiknya. Satu diantara pertolongan awal pada kenari sakit yakni dengan berikan kehangatan… Untuk menambah kehangatan dikirar dipasang lampu dengan daya lebih kurang 40 watt.

2. Berikan pakan ekstra

Kenari yang alami sakit rata-rata kurang makan, untuk menambah napsu makan dapat di beri makanan yang disenangi kenari seperti telor puyuh, biji sawi atau makanan yang lain. Untuk kasus-kasus spesifik kita mesti menyuapi kenari supaya akan makan, makanan yang didapatkan mesti berupa bubur (dapat memakai bubur bayi)

3. Berikan minuman

Kenari sakit jarang minum, kita mesti menolong kenari supaya akan minum… dapat dibantu berikan minum lewat cara meneteskan air ke mulut kenari, saat meneteskan air ke mulut kenari mesti hati-hati jangan sempat masuk ke rongga pernapasan. Saat kenari sakit bila tidak mau ribet dapat memasukkan obat ke dalam air minum kenari

4. Berikan ketenangan

Paling akhir untuk memulihkan stamina kenari mesti diberikan ketenangan, langkah berikan ketenangan yakni dengan mengerodong sangkar kenari…

Tahap selanjutnya peternak/hobis kenari mesti mempunyai stock obat atau multivitamin spesial kenari… lantaran kita tidak paham kapan penyakit menyerang kenari yang paling disayangi kita. Namun yang utama yaitu tambah baik menanggulangi daripada menyembuhkan.
 
Top