canary bird

Persilangan Burung Kenari (ocehankenari) -Lain tempat pastinya lain juga pendapatnya perihal arti kenari “ f “. Menurut pengamatan penulis dengan global teori mendel ini banyak digunakan oleh peternak di lokasi jateng serta jawa timur. Tetapi menurut sepengetahuan penulis lain halnya dengan yogyakarta, jakarta, bandung sampai cirebon teori gregor johann mendel, arti “ f “ bukan hanya adalah patokan mutlak perihal ini didasarkan atas kemampuan gen dominan hereditas, serta arti ini umum dipergunanakn oleh penangkar / penghobi kenari, sebagai berikut :

Bila kenari yorkshire ( impor ) disilangkan kenari local turunannya di-istilahkan “ f. 1” dengan gen dominan hereditas 50 persen yorkshire. umumnya beberapa penangkar kenari lakukan persilangan monohibrid pada kenari f. 1 ini, sebagai berikut :
canary bird

Bila “ f. 1 “ disilangkan dengan kenari “ f. 1 “ turunannya di-istilahkan “ af “ ( anakan f. 1 ) dengan wujud lebih kecil, hereditas fenotipe dari parental ( indukan ) dapat makin menyusut.

Bila “ f. 1 “ disilangkan dengan “ local ” turunannya di-istilahkan “ local super “ dengan wujud lebih kecil, hereditas fenotipe dari parental ( indukan ) dapat makin membias.
dan sebagainya bila kenari local super disilangkan dengan kenari local super turunannya di-istilahkan kenari “ local “.
Penyilangan gen dominan hereditas, hasil silangan “ f. 1 “ disilangkan dengan yorkshire ( impor ) turunannya di-istilahkan “ f. 2 “ dengan gen dominan hereditas 75 persen yorkshire.

anak kenari

Setelah itu hasil silangan “ f. 2 “disilangkan dengan yorkshire ( impor ) turunannya di-istilahkan “ f. 3 “ dengan gen dominan hereditas yaitu yorkshire. bila silangan “ f. 3 “disilangkan dengan silangan “ f. 3 “ dapat melahirkan kenari yang sama juga dengan indukannya yorkshire ( statis strain ).
Persilangan kenari “ f. 3 “ ini bertujuaan ; untuk melahiran kenari impor yang lebih variatif terlebih fenotipe (nada, wujud serta variasi warna). Dengan menetapkan/memilih gen hereditas dominan yang berkwalitas ; sample dipilih oleh kami type kenari (yorkshire serta lizard) dikarenakan adalah kenari final strain berarti (bila dua type kenari yang sama dikawinkan, dapat melahirkan keturunan yang sama juga dengan indukannya).

Crossing kenari “ f. 3 “ bisa diistilahkan kenari impor yang lahir di Indonesia, yang telah beradaptasi, serta tidak rawan pada penyakit layaknya kenari kenari impor ( rabun, rontok bulu serta lumpuh ). Perihal inilah yang mendongrak harga kenari “ f. 3 “ lebih mahal dari kenari impor, maklum sukar untuk menangkarkannya.

Menciptakan strain baru tidaklah semudah yang dipikirkan, dari tinjauan sebagian literatur, final straindapat dibentuk miniman 7 ( tujuh ) generasi keturunnan dari hasil crossing mutan yang di ambil serta ditetapkan sebagai sampling baku.
Strain bisa dimisalkan darah atau garis keturunan besar, yang jika dikawinkan / disilangkan dapat menghasilakan, seperti berikut :
  • Jika 2 ( dua ) indukan sejenis dikawinkan dapat, melahirkan keturunan yang sama juga dengan indukannya dengan gen dominan hereditas di atas 90 persen.
  • Jika 2 ( dua ) indukan tidak sejenis disilangkan, dapat melahirkan keturunan serta gen dominan hereditas di atas 50 persen.
Didalam postingan  ini, penulis menggugah beberapa penangkar untuk bekerja bersama, berkelanjutan serta berkaitan untuk menciptakan strain baru asli indonesia yang unggul serta bisa jadi primadona ekspor untuk penghobi kenari di manca negara.

“ f “ ( filial ) yang artinya keturunan, hanya arti yang umum digunakan oleh kelompok umur penangkar / penghobi kenari bukan hanya adalah patokan mutlak, pengklasifikasian ini dengan umum mempunyai tujuan untuk membedakan hereditas fenotipe paling baik dari hasil persilangan manfaat menambah mutu fenotipe jadi kenari unggulan yang layak tanding serta jadi kenari juara.

Bagaimana setelah membaca apakah mengerti ?, saya sendiri aja juga bingung ..., semoga bermanfaat.

 
Top