burung murai

Merawat Burung Murai untuk Pemula (ocehan-kenari) -Saat pertama kali beli Burung Murai yang perlu di perhatikan yaitu area tujuan bagaimana kedepannya burung dapat menyesuaikan dng lingkungan yg baru, semula burung janganlah di pindahkan dahulu dari sangkar yg lama utk hindari tingkat stres burung. Perlakuan tsb mutlak serta butuh dikerjakan di karenakan jika burung di letakkan/ dipindahkan ke kandang yg baru terlebih bila kandang tsb tetap berbau cat atau vernis dapat amat mengganggu pernapasan burung itu sendiri, adapun yang perlu di perhatikan di supaya burung terus berkicau walau di lingkungan yg baru yaitu diantaranya :

1. Penempatan Sangkar

Area sangkar baiknya terkena cahaya matahari pagi, namun juga terhindar dari terik siang hari serta sangkar tsb juga jangan sempat terkena tempias air hujan. Penempatan sangkar pada burung janganlah terlampau berdekatan, sekurang-kurangnya 3m jarak kandang burung utk melindungi mental burung di karenakan mental burung murai berbeda ada yg kuat mentalnya serta juga sebaliknya. Tak hanya jarak kandang pada ke-2 burung murai, dapat tambah baik lagi bila di antara keduanya ada burung type lain yg berkicau supaya kicauan tsb bisa ditiru oleh burung murai sbg gabungan kicauannya.

burung murai

2. Nutrisi

Burung Murai juga memerlukan nutrisi yg pas di karenakan bila dibanding burung pemakan biji bijian keperluan nutrisi burung murai lebih rumit, serta factor terutama lagi yaitu kebersihan nya. Untuk pakan yang didapatkan mesti senantiasa fresh, serta mesti ganti pakan teratur tiap-tiap hari dng pakan yg baru dan bersihkan pakan yg berceceran di lantai kandang utk menghindar bau busuk dan lain-lain. Lantas utk melindungi keadaan tubuh dengan cara optimal, burung murai juga memerlukan makanan yg beragam. Tujuannya utk tercapainya keseimbangan antar protein, karbohidrat serta lemak, vit. serta mineral. Murai juga memerlukan vit. seperti vit. A (utk melindungi kesehatan kulit serta perkembangan bulu), Vit. B. (Untuk sistem kerja sistem saraf pusat serta keperluan daya), vit. C. (membuat perlindungan murai dari penyakit kulit), serta vit. D. (utk menolong melindungi kesuburan reproduksi). Adapun sebagian type pakan burung yg amat digemari murai diantaranya yaitu :

Kroto (telor semut)

Type makanan ini amat digemari murai namun agak merepotkan untuk beberapa hobiis di karenakan mesti menghidangkan menu ini setiap hari mesti terus fresh, bersih serta tak bau (basi). Langkah paling baik pemberian kroto yakni dng sediakan dlm jumlah terbatas sejumlah 3 kali/ hari. Murai yg di beri kroto dengan cara teratur dapat lebih rajin berkicau hingga bikin mental murai semakin bagus dng bisa berkicau lama namun juga tak terus-terusan di beri makan kroto di karenakan dapat sukar bertukar bulu walau telah waktunya, daya tahan tubuh menyusut dan nada kicauannya agak pecah.

Kuning Telor

Kuning telor rebus sbg tambahan protein yang memiliki kandungan asam amino yg diperlukan burung. Langkah penyajiannya Telor direbus dahulu lantas ditempatkan di area makan burung yg terpisah serta yakinkan senantiasa buang sisa pakan telor yg tersisa.

Makanan pokok serta tambahan

Memberikan menu makanan tambahan tak lain yakni utk menolong beberapa hobiis supaya murai tak ketergantungan kelak dng type makanan monoton seperti kroto serta jangkrik dan telor saja tetapi makanan seperti pelet juga baik diberikan utk burung supaya agar daya tahan tubuh semakin bagus serta warna bulu lebih bersih dan bercahaya disamping itu keperluan dapat vit., mineral serta nutrisi yg dibutuhkan lebih terjamin.

Air

Untuk murai keperluan pada air sama juga dengan keperluan makanan, murai air dipakai utk minum serta mandi karena maka butuh melindungi mutu air. Air minum yg disiapkan mesti berbentuk air masak yg telah dingin serta tiap-tiap hari mesti diganti serta area air minum agar dibersihkan supaya lumut yg umumnya melekat tercuci bersih.


3. Memandikan serta Menjemur Murai
Upayakan area memandikan murai memakai area spesial utk mempermudah murai berpolah saat mandi, serta mempermudah yang memiliki utk bersihkan kandang serta ganti makanan. Ingat burung yg tengah asyik mandi janganlah dipaksa keluar dari area mandinya di karenakan dapat kurangi area gerak waktu mandi, serta umumnya burung yg belum senang mandinya maka dapat memakai air minumnya utk mandi. Jemurlah burung usai dimandikan manfaat memperoleh rangsang cahaya matahari terutama pada pagi hari di karenakan amat berguna didalam sistem pembentukan satu mineral, perumpamaannya Kalsium. Karena sinar jelas punya pengaruh pada perkembangan, metabolisme, reproduksi serta perilaku.

 
Top