Burung Prenjak Kepala Merah (ocehan-kenari) -Memanglah tidak sama dengan saudaranya prenjak luhur. Untuk ciri-cirinya memanglah keduanya nyaris sama atau sedikit susah dibedakan, namun bila kita cermati dengan seksama perbedaan itu akanlah terlihat serta jaga ke-2 burung ini adalah satu keluaga yakni prinia.

Perbedaan prenjak kepala merah dengan prenjak lumut untuk jantan serta betinanya nyaris sama, yakni ciri yang palaing mencolok yakni satu helai ekor panjang.
Untuk prenjak kepala merah jantan ada 2 bulu ekor sedang yang lebih panjang, serta untuk bulu dadanya prenjak kepala merah mempunyai bulu dada agak hitam atau gelap, namun untuk yang betinanya wana bulu dadanya condong lebih terang.

sarang prenjak

Serta untuk yang anakan bisa dibedakan dari warna kepalanya, untuk yang jantan warna kepala tambah lebih merah daripada prenjak betina yang lebih pudar warna merahnya. wujud ekor untuk yang jantan ekornya lebih condong membulat atau mekar namun yang betina lebih menguncup.
 
Untuk masalah ocehan, prenjak kepala merah lebih mempunyai variatif nada dari pada prenjak lumut, serta prenjak kepala merah dapat saling sahut-menyahut dengan sang betinanya.
Untuk sisi perawatan prenjak kepala merah lebih gampang beradaptasi serta gampang dipelihara daripada saudaranya prenjak lumut
 
Top