Biji Fumayin

Manfaat Fumayin untuk Burung Kenari | Ocehan Kenari -Meramu pakan burung kenari dapat dikerjakan lewat cara mencampurkan biji-bijian paling gampang dilakukan. Misalnya, burung kenari bisa di beri pakan berapakah kombinasi biji kenari, millet, biji sawi serta tepung fumayin. Ramuan ini diberikan dengan atau tiada kombinasi serangga. Jumlah masing-masing type biji bisa ditata menurut keperluan. Untuk melengkapi nilai gizi pakan, ditempat terpisah bisa ditempatkan bahan pakan berbentuk hijauan.
Fumayin/hempseed yaitu type bijian yang dapat menambah reproduksi pada burung kenari yang diternak maupun menambah performa burung kenari serta burung berkicau yang lain hingga mempunyai tenaga penambahan dalam bertarung.

Dampak Fumayin (hemp seed) Pada Performa Burung

Intinya, ada kecemasan bahwasanya fumayin bikin ketergantungan atau ketagihan (addictive). Dulunya kami juga meyakini hemp seed bikin ketergantungan, tetapi terakhir kepercayaan itu pupus berdasar pengalaman pemakaian hemp seed pada burung serta beberapa rekomendasi perihal hemp seed di beberapa literatur on-line.

Yang pasti, susunan asam amino fumayin benar-benar tidak sama dengan susunan asam amino pada ganja. Nah terlebih perbedaan karakter addictive pada fumayin dengan obat terlarang seperti sabu-sabu umpamanya, jauh benar-benar tidak sama.
Bila fumayin dapat menaikkan semangat tempur burung lomba maupun semangat kawin untuk burung penangkaran, maka dampak itu bakal hilang saat burung tak konsumsi fumayin, namun tak bikin burung ketagihan. 

Cuma saja, lantaran fumayin itu pada intinya yaitu “enak dirasa” oleh burung (lantaran susunan asam aminonya) maka saat burung yang awal mulanya di beri fumayin lalu tak di beri, bakal tampak gelisah. Tetapi kegelisahan itu paling berjalan 2-3 hari, kemudian bakal normal lagi.

Kegelisahan burung sepanjang 2-3 hari lantaran distop pemberian fumayinnya, tak lagi bikin burung menanggung derita ketagihan terlebih bikin burung kesakitan. Ini pasti lain dengan ketagihan manusia pada sabu-sabu umpamanya. Orang yang rasakan sakit lantaran ketagihan sabu-sabu, dapat benar-benar menanggung derita serta dapat hingga wafat.

Dalam kaitan ini saya bakal berikan panduan supaya burung tak terasa terlampau gelisah saat tak diberikan fumayin kepadanya lewat cara stop pemberian dengan cara bertahap.

Pemakaian Fumayin Untuk Burung Kenari :
  • Pada 5 hari mendekati lomba hingga hari lomba, tiap-tiap hari di beri fumayin sejumlah 6-10 butir.
  • Sepanjang 2 hari berturut-turut sesudah lomba (hari lomba plus 1 serta 2) terus berikanlah fumayin sejumlah 4-6 butir (jadikan tepung).
  • Pada 2 hari selanjutnya (hari lomba plus 3 serta plus 4) berikanlah sejumlah 2-3 butir.
  • Setelah itu, pada hari lomba plus 5-6 berikanlah sejumlah 1 butir saja.
  • Hari selanjutnya, telah tak di beri fumayin.
Demikian  sedikit informasi penambahan perihal fumayin, semoga berguna bagi para Kicau Mania.
 
Top