Cara Mudah Membedakan Kenari Jantan dan Betina

Cara Mudah Membedakan Kenari Jantan dan Betina | Ocehan Kenari -Walau memastikan type kelamin kenari bukanlah hal yang gampang serta mereka yang telah memiliki pengalaman juga banyak menjumpai kesusahan, namun ini ada panduan yang dapat dipakai (namun bukanlah hal yang mutlak) :

Mulai sejak umur 3 hari pembuluh vena di samping perut bakal turun menuju “ vent (lubang angin/dubur) serta bakal menuju sisi depan dari “ vee “ yang ada di bagian depan “vent, ini terlihat pada burung kenari jantan yang masih tetap muda. Namun pembuluh vena ini akan tidak terlihat pada kenari betina. Meskipun pembuluh ini ada di semua kenari jantan, bakal tambah baik bila menganalisanya saat sebelum kenari jantan itu tumbuh bulu.

Pada 5- 8 hari, ambillah seluruhnya anak-anak kenari yang ada pada sarang yang sama (satu indukan) simpan ke handuk serta sejajarkan seperti posisi kuda balap yang ada pada pacuan kuda. Yang melompat paling jauh yaitu kenari jantan.

Burung- burung itu bila di perhatikan memiliki pusat kaki bawah yang panjang sesaat yang lain mempunyai 3 telapak kaki yang mempunyai panjang yang sama. Salah satu yang mempunyai pusat kaki yang panjang bakal susah untuk berhimpun dengan yang lain serta ini yaitu kenari jantan. Kenari betina lebih gampang untuk berhimpun lantaran ketiga telapak kakinya mempunyai ukuran yang sama.

Lihatlah sisi tulang belakang mereka. Di selama tulang belakang kenari jantan warnanya lebih kaku serta lebih pekat. Untuk yang betina warnanya kaku serta pekatnya tak hingga selama tulang belakang. Lewat cara itu dapat diidentifikasi.

 
Cara Mudah Membedakan Kenari Jantan dan Betina

Saat sebelum anaka-anak kenari itu berbulu. Liatlah ke sisi kepala mereka. Untuk yang jantan lebih pipih (datar). Untuk yang betina lebih bulat.

Seputar umur 6 – 7 hari anak2 kenari itu mulai buka mata. Bila jantan jadi matanya sejajar dengan paruhnya. Untuk yang betina, letak mata di atas paruh yang mengakibatkan penampilan kepalanya lebih bundar.

Saat anak2 kenari di beri makan disarangnya oleh induknya. cermati perilaku anak2 itu. Yang berdiri tertinggi, teriak paling keras serta yang paling mau di beri makan duluan itu bermakna yang jantan. Yang betina kakinya lebih pendek maka dari itu mereka tak berdiri tinggi serta karena itu mereka di beri makan lebih sedikit di banding yang jantan.

Umur 28- 30 hari sebagian kenari muda tampak mempraktekkan nada mereka untuk berkicau dengan baik. Bukanlah yang paling awal berkicau itu yang tampak terbaik, burung 2 itu cuma sukai berlatih berkicau lebih awal saja.

Seputar 5 bln. atau 5 bln. lebih 2 minggu, kenari jantan bisanya warnanya lebih jelas. di bagian spesifik warnanya lebih tajam terutama di bagian dekat kepala. Pusat kepala pada burung kenari betina yang berwarna kuning bakal jadi sangatlah jelas.

Kalau umur 6 bln. belum ketahuan type kalaminnya, kenari yang digabung di antara kenari yang jadi. Kenari betina bakal duduk lebih rendah lebih karena susunan tubuhnya. Serta umumnya kenari betina bakal berkelahi dengan kenari jantan saat mau berkicau atau mempraktekan suaranya. Walau sang betina dalam keadaan tak tengah dalam saat bertelur serta ini cuma mau berkicau saja...
 
Top